5 Manfaat Daun Salam yang Harus Kamu Tahu!

manfaat daun salam

Selain jadi penyedap masakan Indonesia, manfaat daun salam yang lain juga bisa diperuntukkan bagi mereka yang punya segudang penyakit. Ya, selain sebagai rempah, nyatanya daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga dan mengobati penyakit yang tengah diderita tubuh.

Ya, dari penyakit yang ringan maupun berat, kecil maupun besar, banyak kesembuhannya yang didapat dari manfaat daun salam. Daun salam yang kering maupun masih segar, keduanya juga sama-sama bisa digunakan langsung untuk pengobatan.

Hal ini tak lain tak bukan adalah karena kandungan vitamin C, Vitamin A, asam folat, selenium, seng, magnesium, potassium dan kalsium yang ada pada daun salam, yang berfungsi untuk menunjang kesehatan dan mempercepat proses kesembuhan seseorang.

manfaat daun salam1

5 Manfaat Daun Salam yang Harus Kamu Tahu!

Mau tahu apa saja Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit? Yuk simak ulasannya di sini!

  • Obat anti jamur

Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit yang pertama adalah sebagai obat anti jamur. Di sini, daun salam diperuntukkan bagi seseorang yang punya masalah jamur pada tubuh atau bahkan lingkungannya. Hal ini dimungkinkan karena daun salam memiliki kandungan etanol yang fungsinya adalah sebagai antibakteri dan antijamur.

Adapun cara penggunaan daun salam untuk obat anti jamur itu sendiri adalah, pertama-tama cuci daun salam hingga tak ada kotoran yang hinggap. Lalu jemur di terik matahari hingga kering. Kamu juga bisa menggunakan oven untuk proses ini.

Selanjutnya, cacah daun salam kering tersebut hingga jadi bagian memanjang dan beri sedikit air. Setelah itu, oleskan di bagian tubuh yang terdapat jamur atau oleskan pada bagian rumah yang terdapat jamur. Jika kamu mau menggunakan sebagai obat minum, campurkan dengan madu lalu minum hangat-hangat.

  • Obat anti cacing

Selain jadi obat anti jamur, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat anti cacing. Hal ini dikarenakan kandungan metanol yang ada di dalam daun salam berfungsi sebagai obat anti cacing. Untuk penggunaan daun salam sebagai obat anti cacing itu sendiri, kamu bisa merebus daun salam setelah dicuci bersih.

manfaat daun salam

Setelah itu minum hangat-hangat dengan madu. Lakukan dua kali sehari hingga gejala cacingan berkurang.

  • Obat masalah pencernaan

Daun salam juga bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang berfungsi sebagai anti inflamasi, ternyata juga berfungsi untuk meredakan masalah pencernaan bahkan mengatasi mual.

Untuk penggunaannya sendiri, rebus daun salam yang sudah dicuci bersih lalu campurkan dengan lemon dan gula. Setelah itu, minum dua kali sehari hingga masalah pencernaan hilang.

  • Meringankan nyeri

Manfaat lainnya yang bisa diberikan daun salam adalah untuk rasa nyeri pada sendi. Tak terhenti di situ, daun salam juga bisa meredakan keseleo, rheumatik, dan arthritis. Hal ini dimungkinkan karena adanya zat anti inflamasi yang ada pada daun salam berfungsi untuk mengobati gejala-gejala tersebut.

  • Obat migrain

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari daun salam adalah mengatasi migrain. Hal ini karena kandungan partenolida pada daun salam sangat baik digunakan untuk mengatasi migrain. Adapun cara penggunaannya antara lain adalah dengan merebus beberapa lembar daun salam lalu minum air rebusan tersebut hangat-hangat secara rutin.

Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat daun salam? Ya, sebagai salah satu penyedap masakan asli Indonesia, daun salam nyatanya juga punya banyak khasiat untuk kesehatan yang selama ini mungkin jarang diketahui. Jika kamu punya masalah kesehatan seperti di atas, tak ada salahnya mencoba ya!