Home » Tanaman » Yuk Simak Tips Keren Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

Yuk Simak Tips Keren Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

Kesadaran masyarakat akan sumber makanan sehat membuat sebagian orang berpikir mendapatkannya lewat berkebun sendiri. Tetapi di perkotaan, hal ini sulit dilakukan karena terbatasnya lahan. Meski demikian, bukan berarti kegiatan ini tidak dapat dilakukan. Yuk simak tips keren berkebun sayuran di lahan sempit berikut yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Kegiatan berkebun memang umum dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di desa atau pegunungan. Tetapi hal ini jarang dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan dengan berbagai alasan. Meski demikian, siapapun tetap dapat melakukan kegiatan ini. Selain bisa mendapatkan sayuran saat panen nanti, kegiatan ini juga jadi salah satu hobby menarik yang bisa membuat perasaan menjadi senang.

Tahap Persiapan

Sebelum mulai menanam atau berkebun, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Pertama, Anda harus memastikan lokasi dan keadaan lahan yang Anda miliki. Pastikan calon kebun Anda ini terkena sinar matahari minimal 6 jam dalam sehari.

Tahap berikutnya adalah mempersiapkan tanah atau media tanam. Anda akan butuh tanah dengan kedalaman 15-20 cm untuk menanam sayuran. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan jenis sayuran yang akan Anda tanam. Buat catatan dan perencanaan untuk calon kebun sayuran Anda ini. Kalau perlu, persiapkan juga label yang nantinya bisa dipasang di media tanam sebagai penanda.

Penataan Kebun yang Hemat Ruang

Dengan luas lahan kebun yang terbatas, Anda dituntut kreatif memanfaatkan tempat yang tersedia. Sebagai pilihan, Anda bisa membuat ruang penyimpanan tanaman berbentuk vertikal atau bertingkat. Ruang tanaman ini dapat berasal dari besi maupun kayu. Anda bisa membelinya pada perajin peralatan taman maupun membuatnya sendir.  

Baca Juga:Cara Memilih Bibit Tanaman Tomat yang Baik

Selain ruang tanaman, jenis tanaman juga perlu diperhatikan. Anda bisa memilih jenis tanaman sayuran yang tidak banyak makan tempat, seperti mentimun acar, mentimun salad, wortel, terong, cabai, bayam dan lain-lain.

Tips lain yang bisa Anda praktekkan adalah menanam sayuran berdaun lebar dengan cara melebar, contohnya bayam dan selada. Tebarkan benih sayuran sepanjang 20 hingga 30 cm. Dengan cara ini, sayuran akan tumbuh dimana saja ditanam dan mencegah tumbuhnya gulma pengganggu tanaman.

Agar tidak bosan dan bisa mendapatkan menu beragam, Anda juga bisa menanam jenis sayuran secara bergantian. Anda juga bisa memilih tanaman kontinyu untuk ditanam. Artinya, setelah satu jenis sayuran dipanen, maka masih akan ada jenis sayuran lain yang siap panen pada waktu berikutnya.

Tips lain agar lahan sempit bisa tetap memberikan hasil maksimal adalah menggunakan pot atau polibek sebagai tempat menanam sayuran. Selain lebih rapi dan bisa selalu dipantau perkembangannya, media tanam ini juga mudah dibuat. Anda bisa memilih berbagai bahan media tanam yang digunakan. Untuk jenis sayuran tertentu, bahkan bisa juga jadi hiasan

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *