Home » Wisata » Wisata Belanja di Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Wisata Belanja di Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dijadikan tujuan wisata oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Letak geografis kota Bandung yang berada di dataran tinggi membuat kota Bandung memiliki suhu yang sejuk. Hal ini merupakan nilai lebih bagi Kota Bandung sebagai kota wisata. Pemerintah Kota Bandung berusaha membangun tempat – tempat wisata dengan konsep dan tema yang unik dan berbeda. Mulai dari konsep kuliner, konsep futuristic, taman – taman kota dan banyak lagi konsep – konsep lainnya. Ada salah satu tempat wisata unik yang sudah ada sejak dahulu, tempat wisata itu  adalah kampung Sukamulya. Pemerintah kota berusaha terus untuk membuat program – program wisata belanja di kampung boneka Sukamulya Bandung ini.

Kampung Sukamulya ini  berlokasi di Babakan Jeruk  kecamatan Sukajadi dengan melewati jalan Setra Indah Barat  atau tepatnya 300 meter dari Kantor Kecamatan Sukamulya. Asal mula Kampung ini dinamakan kampung boneka Sukamulya ini berawal dari seorang pengrajin yang bernama Haji Ade pada tahun 1990 merintis usaha dalam membuat boneka murni dari jahitan tangan. Berkat kesabaran dan ketelitian, usaha Haji Ade semakin terkenal dan mendapat tempat di hati masyarakat. Setiap hari orderan – orderan semakin banyak sehingga membuat kewalahan Haji Ade sehingga memutar otaknya untuk melibatkan para tetangga untuk mengerjakan orderan – orderan tersebut. Oleh karena itu sampai sekarang sebagian besar dari warga kampung Sukamulya merupakan pengrajin boneka.

Banyak orderan yang datang dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara. Orderan akan meningkat dua kali lipat ketika momentmoment tertentu seperti ketika menjelang moment natal, moment valentine. Di moment tersebut omzet penjualan meningkat 2 kali lipat. Meskipun orderan meningkat para pengrajin berusaha memenuhi orderan tersebut dengan mempertahankan kualitas. Selain melayani orderan dengan jumlah yang besar, para pengrajin melayani pembelian dengan jumlah eceran yang datang langsung ke kampung Sukamulya.

Kelebihan dari kampung Sukamulya diantaranya harga jual yang ditawarkan sangat terjangkau dan kualitas produknya terjamin karena yang diproduksi merupakan murni hasil buatan tangan. Para wisatawan yang mengunjungi kampung ini akan dimanjakan oleh berbagai ukuran mulai dari ukuran besar maupun kecil dan jenis boneka yang beragam mulai dari karakter tokoh – tokoh film kartun, binatang, bantal guling, emoticon, bantal, matras untuk alas tempat tidur dan tempat duduk dan jenis – jenis yang lainnya.  Setiap rumah di kampung Sukamulya dijadikan sebagai workshop pembuatan boneka sehingga para wisatawan bisa secara langsung melihat proses pembuatannya.

Pemerintah Kota Bandung terus berusaha mengembangkan kampung ini supaya semakin dikenal ke berbagai daerah. Sehingga para wisatawan bisa menjadikan kampung Sukamulya sebagai tujuan wisata ketika mengunjungi kota Bandung.  

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *