Home » Hewan Peliharaan » Waspadai Kesehatan Anda saat Memelihara Binatang di Rumah

Waspadai Kesehatan Anda saat Memelihara Binatang di Rumah

Memiliki binatang peliharaan memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Keberadaan binatang-binatang ini juga membuat rumah menjadi lebih ramai serta membantu penghuni rumah meningkatkan rasa peduli terhadap ciptaan Tuhan. Kegiatan memelihara binatang ini secara psikologis bagi penghuni rumah agar tidak takut dan memilihi belas kasih kepada yang lainnya.

Waspadai Kesehatan Anda saat Memelihara Binatang di Rumah

Memelihara binatang memang tidak dilakukan dengan sembarangan. Hal ini disebabkan oleh adanya bahaya seperti kesehatan yang kemungkinan bisa menyerang penghuni rumah. Baik virus maupun bakteri yang ada pada hewan peliharaan bisa berpindah kepada sang pemilik. Berikut beberapa tips agar Anda dan keluarga bisa berwaspada saat memiliki binatang peliharaan.

Beberapa binatang memang lazim dijadikan sebagai peliharaan seperti kucing, namun tidak jarang Anda menemukan beberapa orang memelihara hewan buas yang memiliki habitat asli di alam bebas. Memelihara binatang seperti inilah yang cukup berbahaya karena ia bisa saja menularkan penyakit seperti rabies yang ada pada anjing. Berikut penyakit yang patut Anda waspadai dari binatang peliharaan.

Rabies-Anjing Gila

Rabies ini bisa menjangkit anjing Anda jika ia terkena gigitan dari hewan lain yang telah terjangkit seperti dari anjing lain, monyet, kelelawar. Sehingga perlu diawasi saat anjing berinteraksi di luar rumah. Ciri-ciri yang bisa dilihat dari tabiat sang binatang seperti berubah menjadi pendiam dan menyerang tanpa sebab, ia takut terhadap air, dan memiliki air liur yang lebih banyak. Jika Anda mengkhawatirkannya, Anda bisa memberikan vaksinasi rabies pada anjing Anda.

Parasit Toxoplasma pada Kucing

Memelihara binatang lucu seperti kucing ternyata juga harus diwaspadai, karena ternyata ia bisa membawa parasit yang membahayakan pemiliknya seperti toxoplasma. Parasit ini biasanya muncul dan tersebar di area rumah seperti pada kotoran kucing bahkan bisa juga terdapat pada tempat makannya. Parasit ini sangat berbahaya bagi anak perempuan yang belum menikah, jika ia terjangkit maka besar kemungkinan ia akan melahirkan anak cacat jika penyakit yang dibawa parasit ini belum dihilangkan. Sehingga sangat disarankan untuk memeriksakan diri sebelum menikah.

Flu Burung

Saat ini bukan hanya anak-anak yang menukai burung bahkan orang tua pun menggandrunginya. Namun, seindah apapun kicauan burung ini, Anda harus waspada jika mulai terjadi wabah flu burung. Besar kemungkinan burung peliharaan Anda terjangkit baik karena keberadaannya yang berdekatan dengan lokasi peternakan ayam atau karena adanya burung liar yang berinteraksi dengan peliharaan Anda. Selain flu burung, ia juga berpotensi menularkan penyakit jamur dari kotorannya.

Selain ketiga binatang tersebut, sebenarnya masih banyak lagi binatang yang kemungkinan menularkan penyakit kepada pemeliharanya seperti tikus-tikus kecil dan yang bisa menularkan parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Apabila Anda ingin memelihara binatang yang belum jinak pastikan memberi makanan dengan kenyang agar sifat asli binatang tersebut tidak muncul dan membahayakan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *