Home » Koleksi Barang » Ulasan Seputar Aneka Barang Antik dan Tips Tepat untuk Memilihnya

Ulasan Seputar Aneka Barang Antik dan Tips Tepat untuk Memilihnya

Barang antik merupakan barang langka dan sudah lama serta memiliki sejarah yang sangat penting, dijual dengan harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu sesuatu yang antik yang dijual kepada kolektor barang langka biasanya jauh lebih mahal. Biasanya barang langka yang dijual memiliki harga yang mahal, sebagai penjual tentunya modal mendapat barang langka juga mahal, jadi ketika dijual harganya lebih mahal untuk mendapat keuntungan besar. Para kolektor barang langka mudah mengeluarkan uang untuk harga yang mahal karena barang tersebut langka.

 Ulasan Seputar Aneka Barang Antik dan Tips Tepat untuk Memilihnya

Banyaknya barang lama ini membuat kolektor harus cerdas dalam memilih untuk mendapatkan barang lama yang masih berkualitas. Terutama saat ini barang lama sangat langka untuk ditemukan dengan harga murah sehingga kolektor jangan sampai tergoda karena biasanya harga barang lama cenderung lebih mahal dan limited edition. Berikut adalah tips memilih barang lama diantaranya:

  • Pastikan memperhatikan lokasi penjualan merupakan lokasi terpercaya penjualan barang lama.
  • Solo, Bali dan Yogya merupakan daerah penyetok barang lama paling banyak dan unik serta terpercaya.
  • Pastikan bertanya kepada kolektor lainnya tempat penjualan barang lama, biasanya berbentuk seperti rumah lama dengan artefak kuno dilengkapi dengan barang lama.
  • Pastikan memilih barang lama sesuai dengan keinginan dan juga budget. Jika melebihi budget sebaiknya menabung terlebih dahulu.

Beberapa cara memilih barang diatas sangat penting untuk menentukan lokasi penjualan. Saat ini banyak sekali yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barangnya dengan mengaku sebagai penjual barang lama padahal bukan barang asli. Barang antik memang memiliki nilai seni yang tinggi dan sejarah yang unik sehingga selalu diincar. Ada begitu banyak barang lama yang mungkin kedengarannya aneh jika dikoleksi namun tetap disukai oleh para kolektor. 

Berikut adalah beberapa aneka barang lama yang dicari kolektor:

  • Batu merah delima, yang dapat memberikan kekebalan pada penggunanya dan anti terhadap hal-hal santet. Batu ini seukuran biji kacang hijau.
  • Buku langka, biasanya buku keluaran lama ini ditulis oleh tokoh-tokoh kenamaan di Indonesia. Memiliki buku lama dan langka tentunya menjadi kesenangan sendiri.
  • Lukisan, bagi penyuka lukisan dan seni memiliki pajangan lukisan dari pelukis terkenal dan lukisannya terbatas.
  • Perangko, biasanya perangko yang dijual sudah lama dan memiliki tanda limited edition sehingga memberi kebanggaan sendiri untuk kolektor perangko ketika memilikinya.
  • Compact Disk (CD), CD yang berisi lagu lama dan jarang didapatkan keluaran CD-nya menjadi incaran tepat para kolektor.

Aneka barang diatas memang sedikit aneh tetapi nyatanya telah menjadi bagian pencarian dari para kolektor barang lama. Barang antik bukan dinilai dari barang yang sudah lama tetapi barang dengan peninggalan karena sebuah alasan tertentu. Bahkan saat ini kolektor barang lama ini sudah memiliki perkumpulan sendiri untuk berdiskusi dan berbagi cerita.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *