Home » Koleksi Barang » Uang Kuno Paling Mahal

Uang Kuno Paling Mahal

Uang Kuno Paling Mahal – Sebelum dijajah Belanda, Indonesia sudah menggunakan mata uang gulden atau mata uang belanda. Namun setelah jepang merebut kekuasaan Belanda atas Indonesia, kemudian Jepang melarang peredaran semua hal yang menggunakan tulisan Belanda termasuk juga dalam urusan mata uang. Untuk itulah pada akhirnya dicetak mata yang dengan nama Rupiah Jepang.

Setelah Indonesia merdeka dari Jepang pada tahun 1945, maka dibuatlah mata uang resmi untuk Indonesia yang disebut ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) yang mana diharapkan mata uang ini nantinya akan menampilkan identitas negara dan bangsa Indonesia. ORI sendiri mulai diedarkan secara luas di masyarakat pada tanggal 30 Oktober 1946.

Pada perkembangannya, uang koin yang dicetak oleh pemerintah tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar dan jual beli saja tapi lebih dari itu. Uang koin juga sering digunakan sebagai penanda dan peringatan akan sejarah yang terjadi.

Sebagian uang tersebut diproduksi secara massal, sebagian lagi diproduksi secara terbatas sehingga yang terbatas tersebut menjadi langka dan dicari oleh banyak kolektor uang kuno. Berikut adalah beberapa uang kuno yang memiliki harga paling mahal.

  • Uang Koin Pecahan 200 Rupiah

Uang koin dengan nilai pecahan 200 rupiah dicetak terbatas, hanya berjumlah 5100 koin saja. Dengan gambar berupa burung Cendrawasih, burung khas papua yang disebut burung surga, koin ini memiliki kadar perak sekitar 99,99%. Pada tahun 2012, harga koin ini berada di kisaran Rp. 400-500 ribu.

  • Uang Koin Pecahan 250 Rupiah

Hanya diproduksi sebanyak 5000 keping, memiliki bobot sekitar 10 gram dan kadar perak 99,99% sama halnya dengan pecahan 200 rupiah. Dihargai sekitar 500 ribu rupiah

  • Uang Koin Pecahan 500 Rupiah

Uang koin ini dicetak terbatas, hanya 4800 keping saja. Memiliki bobot 20 gram dan bergambar orang sedang menari. Koin ini dihargai sebesar 600 ribu rupiah, bahkan lebih.

  • Uang Koin Pecahan 750 Rupiah

Uang koin ini memiliki bobot 30 gram dan bergambar khas gaya artistik Bali. Diproduksi dengan jumlah 4950 koin, memiliki berat 30 gram, dan saat ini memiliki harga 700 ribu rupiah per keping

  • Uang Koin Pecahan 1.000 Rupiah

Uang koin pecahan 1000 rupiah ini memiliki gambar Jenderal Sudirman dengan kadar perak 99,99% dan berat 40 gram. Diproduksi terbatas, berjumlah 4250 keping dan jika dihargai sekarang harganya bisa mencapai 1 juta rupiah.

Ke-lima koin diatas diketahui dibuat dengan bahan dasar perak, dan perlu anda ketahui bahwa kelima pecahan uang logam perak tersebut juga dicetak dengan bahan dasar emas. Tentunya dari nilai mata uang dibuat lebih tinggi, juga memiliki harga yang lebih tinggi lagi di mata para kolektor saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *