Home » hobi » Trik Fotografi Makanan Agar Terlihat Semakin Kekinian

Trik Fotografi Makanan Agar Terlihat Semakin Kekinian

Sudah menjadi hal yang lumrah di zaman yang serba digital ini apabila menjumpai seseorang yang memotret makanannya sebelum dimakan. Hal ini bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Ataupun sebuah ritual wajib yang tidak boleh dilewatkan. Foto-foto makanan ini nantinya akan di unggah di salah satu media sosial yang mereka miliki. Jika Anda sedang ingin belajar memotret makanan berikut trik fotografi makanan yang harus dilakukan agar tampil kekinian atau sesuai dengan tuntutan zaman.

Trik Fotografi Makanan Agar Terlihat Semakin Kekinian

  • Pencahayaan Natural VS Artificial

Perlu Anda ketahui bahwa pencahayaan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan ketika ingin memotret makanan. Dengan hanya menggunakan ponsel pintar yang Anda miliki dapat menghasilkan sebuah foto makanan yang bagus dan menarik ketika mendapatkan pencahayaan yang cukup. Salah satu sumber cahaya alam terbaik adalah pancaran cahaya dari jendela. Pastikan pancaran cahaya tersebut berada di sisi samping makanan agar memberikan efek sempurna untuk tekstur makanan itu sendiri. Ketika Anda tidak mendapatkan cahaya dari jendela, Anda dapat mendapatkan pencahayaan itu dari lampu LED. Lampu LED ini sebaiknya diletakkan vertikal atau diatas makanan agar mendapatkan pencahayaan yang menyebar dan makanan tersebut menjadi pusatnya.

  • Memahami Perpesktif Foto dengan Baik

Tidak semua foto makanan harus diambil dari sisi atas makanan itu berada. Berusahalah untuk memahami perspektif foto dengan baik untuk mencari dari sisi mana harusnya makanan tersebut dipotret. Jika makanan yang ingin Anda potret berada di dalam sebuah mangkok ataupun sebuah wadah maka dapat memotretnya dari sisi kiri ataupun kanan. Sedangkan jika makanan yang akan dipotret memiliki bermacam-macam bentuk seperti cupcakes contohnya, Anda dapat memotretnya dari sisi atas agar menimbulkan kesan 3D.

  • Penataan Makanan

Trik fotografi yang ketiga adalah penataan makanan. Salah satu hal yang sangat mendasar sebelum makanan dipotret adalah mengenai penataannya. Apabila dirasa makanan tersebut tidak memiliki sisi artistik ketika ditangkap oleh mata Anda sebaiknya memperbaiki penataan makanan tersebut. Penataan makanan yang dimaksud biasanya berhubungan dengan koordinasi warna antara hiasan dan latar belakang makanan itu sendiri. Misalnya dengan piring besar berwarna putih Anda dapat menyajikan makanan yang berwarna cerah dengan hiasan berwarna hijau yang tidak berlebihan. Bagi seorang chef makanan yang ia hasilkan adalah sebuah karya seni sehingga akan disajikan sebaik mungkin di atas piring.

Baca Juga : Harga Hp Samsung J2 Kelebihan dan Kekurangan Hp Samsung J2

  • Kuantitas dan Kualitas Objek

Memotret satu buah makanan saja sangat dianjurkan daripada memotret satu meja penuh yang berisi makanan. Tetapi kuantitas objek ini sebaiknya disesuaikan dengan tujuan awal mengapa foto itu diabadikan. Sebaiknya potretlah makanan yang benar-benar memiliki citarasa yang unik. Jangan sampai Anda menciptakan teknik fotografi kamuflase yang memberikan kesan enak pada makanan yang sebenarnya tidak berasa demikian.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *