Home » Wisata » Tips Wajib Sebelum Melakukan Arung Jeram bagi Pemula

Tips Wajib Sebelum Melakukan Arung Jeram bagi Pemula

Melakukan kegiatan luar ruangan seperti arung jeram, bagi sebagian orang adalah hal menyenangkan. Selain menantang dan memacu adrenalin, tidak jarang kegiatan ini juga membuat ketagihan. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya dan berniat mencoba, maka tips wajib sebelum melakukan arung jeram bagi pemula berikut ini wajib Anda simak.

Persiapan Tubuh

Sebelum beraung jeram, pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar fit. Selain itu, kemampuan berenang juga wajib Anda miliki. Meski saat berarung jeram nanti Anda memakai pelampung, tetapi situasi di lapangan belum tentu sesuai dengan perkiraan Anda. Pastikan tubuh benar-benar bugar agar Anda dapat mengikuti semua intruksi yang diberikan oleh pemandu arung jeram.
Pilih Pakaian yang Tepat

Selain persiapan tubuh, Anda juga harus mempersiapkan pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian yang nyaman digunakan serta tidak menyusahkan. Hindari pakaian seperti celana jeans atau kemeja dan juga perhiasan saat kegiatan ini. Selain percuma, perhiasan juga bisa menjadi salah satu sumber bahaya tidak terduga. Gunakan juga alas kaki yang tepat, kuat dan tidak mudah terlepas.

Pastikan Menggunakan Peralatan Lengkap

Meski merupakan kegiatan menyenangkan, arum jeram tetaplah kegiatan yang berbahaya. Karena itu pastikan Anda menggunakan peralatan lengkap, dari rompi pelampung maupun helm. Pastikan semua tali atau pengikat pada peralatan telah terpasang dengan baik, tidak terlalu ketat tetapi tidak mudah lepas.

Lakukan Pemanasan Seperlunya

Seperti halnya kegiatan lain, pemanasan juga perlu dilakukan sebelum melakukan arung jeram. Selain untuk menghindari cedera saat berarung jeram nanti, pemanasan juga membantu melemaskan otot agar dapat bergerak dengan mudah. Lakukan pemanasan seperlunya saja, jangan sampai menyakiti diri Anda sendiri ataupun malah menyusahkan orang lain. Hal ini jadi wajib dilakukan, jika Anda jarang melakukan olahraga sehari-hari.

Baca Juga:Beberapa Nilai Positif Memiliki Hobi Ekstrim

Pilih Posisi Duduk Nyaman di atas Perahu

Posisi duduk yang tepat saat berarung jeram adalah di bagian pinggir perahu. Ini dilakukan agar perahu tetap seimbang saat bergerak nanti. Pelajari bagaimana cara gerak tubuh saat berarung jeram dari instruktur dan praktekkan. Selain posisi duduk, Anda juga perlu memerhatikan dayung dan bagaimana cara menggunakannya. Ikuti selalu intruksi pemandu selama melakuan arung jeram.

Lakukan Hal Ini Jika Jatuh dari Perahu

Salah satu sensasi menarik arung jeram adalah jatuh dari perahu. Pada saat ini terjadi, beberapa hal berikut perlu Anda lakukan.

Pertama, jangan panik dan usahakan tetap sadar. Kedua, saat berenang, selalu arahkan tubuh menghadap ke atas dengan telentang. Selanjutnya, biarkan tubuh mengikuti arus air. Pemandu dan rekan-rekan Anda nantinya yang akan bersiap melakukan pertolongan.

Selain itu, hal lain yang mungkin terjadi saat arung jeram adalah perahu terbalik. Anda tidak perlu panik. Usahakan Anda masih bisa bernafas saat situasi ini terjadi. Pemandu akan memberikan intruksi untuk membalik perahu, ikuti. Hati-hati jangan sampai terjadi benturan dengan batu.

Ikuti Aba-aba Saat Mengayuh Dayung

Arung jeram bukanlah kegiatan main-main. Karena itu, terutama bagi Anda yang masih pemula, ikuti benar-benar aba-aba dari pemandu saat mengayuh dayung.

Beberapa aba-aba yang sering digunakan adalah maju, mundur, kanan maju-kiri mundur, kanan mundur-kiri maju, stop, pindah kanan, pindah kiri dan boom. Perhatikan penjelasan pemandu sebelum berarung jeram dan lakukan saat berada di atas perahu. Arung jeram adalah kegiatan tim, jadi pastikan Anda siap bekerjasama dengan tim dan tidak melakukan hal bodoh sendirian.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *