Home » Travelling » Tips Wajib Bagi Pemula Saat Naik Gunung

Tips Wajib Bagi Pemula Saat Naik Gunung

Salah satu cara menikmati keindahan alam sekaligus bersyukur atas keagungan Tuhan adalah bisa berada di puncak gunung. Gaya hidup ini pun banyak dipilih anak muda maupun dewasa, pemula maupun profesional. Hal ini didukung dengan keadaan alam Indonesia yang memang banyak memiliki daerah pegunungan. Tapi, bagi Anda yang masih pemula, tips wajib bagi pemula saat naik gunung berikut ini harus disimak.

Persiapan dan Perencanaan yang Matang

Medan alam di gunung berbeda dengan medan alam di daerah dataran rendah. Perbedaan ini menuntut persiapan khusus bagi orang yang ingin mendaki. Selain membuat perencanaan dan persiapan yang matang, seorang pendaki gunung juga harus membekali diri dengan peralatan mendaki yang sesuai.

Sebenarnya, mendaki gunung bukan hal yang ribet. Tetapi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak perlu saat di perjalanan nanti, maka peralatan pribadi maupun pendakian harus benar-benar disiapkan, terutama bagi Anda yang masih pemula.

Meski mendaki bersama rombongan, jangan mengandalkan peralatan orang lain. Selain menyusahkan, berbagi peralatan juga menambah resiko bahaya saat di gunung.

Berdoa itu Penting

Selain peralatan dan perencanaan yang matang, jangan lupa juga awali pendakian dengan doa. Mungkin ini hal sepele, tetapi doa bisa jadi salah satu cara membuat perasaan lebih ringan saat perjalanan. Hal ini jadi salah satu cara untuk menghindari diri dari keangkuhan. Karena Anda belum tentu tahu apa yang akan terjadi di perjalanan nantinya.

Lakukan Istirahat Saat Pendakian

Dengan medan jalanan yang menantang, pendakian jelas butuh kondisi fisik yang prima dan kuat. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya tidak perlu malu untuk istirahat sejenak jika memang terlalu lelah. Jangan sungkan minta pada anggota rombongan yang lain untuk istirahat.

Jangan paksakan tubuh untuk terus berjalan jika memang tidak kuat. Selain akan menyusahkan diri Anda sendiri, pemaksaan juga bisa menyusahkan anggota rombongan yang lain. Pilih tempat yang aman dan nyaman untuk istirahat. Dan pastikan Anda benar-benar telah pulih sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca Juga:Tips Travelling Bersama Pasangan Agar Lebih Berkesan

Patuhi Imbauan yang Ada 

Untuk memastikan pengunjung tetap aman, biasanya pengelola gunung sudah membuat pesan atau imbauan, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan sebelum pendakian. Siapapun Anda, pemula atau profesional hendaknya mematuhi imbauan ini.

Selain untuk keamanan Anda sendiri, mematuhi imbauan juga akan mempermudah orang lain jika terjadi sesuatu. Imbauan juga dibuat untuk menjaga agar gunung tetap dalam keadaan baik dan tidak rusak oleh ulah para pendaki.  

Hindari Terlalu Dekat dengan Kawah

Salah satu tempat berbahaya saat berada di puncak gunung adalah kawah. Gunung yang masih aktif biasanya masih mengeluarkan gas dari kawahnya, bahkan ada yang beracun. Meski kawah adalah tempat yang paling menantang dan menarik, tentu Anda lebih sayang nyawa kan daripada berada terlalu dekat dengan kawah?

Ajaklah Orang yang Berpengalaman Saat Mendaki

Meski mendaki adalah kegiatan menyenangkan, bagi Anda yang masih pemula hendaknya mengajak orang yang telah berpengalaman dalam pendakian. Adanya pendamping selain sebagai penunjuk jalan, juga dalam membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pendamping pendakian bisa berasal dari teman sesama pendaki ataupun pendamping yang telah disediakan pengelola gunung.

Jangan Berfoto di Tempat Berbahaya

Selain menguji nyali, berfoto di tempat berbahaya biasanya akan membuat Anda dikagumi orang lain. Keren memang. Tetapi sudah banyak insiden terjadi akibat nekat mengambil foto di tempat berbahaya. Karena itu, sebaiknya hindari tempat berbahaya untuk mengambil foto, seperti tebing atau puncak.

Ingat Tujuan Awal Pendakian

Naik gunung atau pendakian yang Anda lakukan tentu memiliki tujuan. Baik mengagumi keindahan alam maupun bisa kembali ke rumah dengan selamat. Karena itu, sebaiknya tetap ingat tujuan awal ini agar Anda selalu hati-hati saat mendaki. Jangan sampai berbuat bodoh atau konyol tanpa memikirkan akibatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *