Home » Peluang Bisnis » Tips Usaha Kuliner untuk Pemula

Tips Usaha Kuliner untuk Pemula

Membuka usaha untuk pertama kali tentunya hal yang mendebarkan, apalagi bagi pemula. Namun sebenarnya tak perlu khawatir apabila sebelum membuka usaha sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Dan berikut ini adalah tips usaha kuliner yang bisa dilakukan oleh pemula:

  1. Memilih Kuliner

Memilih usaha haruslah tepat, kuliner apa yang akan ditawarkan dan dijual pada konsumen. Apakah makanan fastfood, makanan sunda, makanan eropa, makanan korea dan semacamnya. Cara memilih kuliner yang tepat untuk usaha ini selain dengan cara melihat kuliner yang sedang hitz juga bisa dengan cara melihat lingkungan tempat usaha kuliner tersebut dibuka.

  1. Memilih Tempat Usaha

Ada kalimat yang menyatakan bahwa posisi menentukan prestasi, hal ini pula bisa menjadi rujukan ketika memilih tempat untuk membuka usaha kuliner. Pilih tempat strategis yang sekiranya akan banyak pengunjung atau konsumen yang datang, misalnya di dekat pusat kota, di dekat pusat perbelanjaan, di dekat rumah sakit, atau bisa juga membuka usaha di dekat kampus atau sekolah.

  1. Harga

Penentuan harga di sini juga sangatlah penting, selain disesuaikan dengan harga barang dan tempat usaha, harus pula disesuaikan dengan konsumen atau target dari usaha kuliner kita. Misalnya, jika membuka usaha kuliner di dekat kampus, maka harga yang ditawarkan haruslah yang sesuai dengan kantong mahasiswa, yang murah meriah namun tetap berkualitas.

  1. Pegawai

Tips usaha kuliner selanjutnya adalah menentukan pegawai. Usaha kuliner tentunya butuh tukang masak atau pelayan. Untuk menekan pengeluaran, bisa jga memberdayakan keluarga atau sahabat. Bayar dengan gaji yang layak, namun tentunya buat kesepkatan terlebih dahulu karena masih permulaan maka belum bisa memberikan gaji yang tinggi.

  1. Diskon/Promo

Siapa yang tak suka dengan diskon? Saat membuka usaha kuliner untuk pertama kalinya, tak ada salahnya untuk memberikan diskon promo. Misalnya beli lima gratis satu, dan semacamnya. Promo ini tentunya bisa menjadi daya tarik sendiri untuk para  calon konsumen, karena dengan begitu, apabila masakan terasa enak, maka akan datang lagi dan lagi.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media, oleh karena itu, beriklanlah juga di sosial media untuk mengenalkan usaha kuliner pada masyarakat. Buat kalimat-kalimat persuasif sehingga bisa menarik pelanggan, selain itu tawarkan juga diskon dan promo. Jangan lupa untuk memajang hasil foto makanan dengan pose yang menarik, sehingga akan semakin menarik pelanggan untuk datang dan mencoba makanan tersebut.

Itulah beberapa tips usaha kuliner untuk pemula yang ingin membuka usaha untuk pertama kalinya. Selain tips-tips di atas, yang diperlukan adalah keberanian dan tak takut untuk berinovasi dan mencoba hal-hal baru, serta tak takut menghadapi persaingan di dunia usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *