Home » Peluang Bisnis » Tips Usaha Kecil Agar Sukses

Tips Usaha Kecil Agar Sukses

Bosan menjadi karyawan dan ingin memulai membuka usaha adalah solusi yang tepat. Dan untuk menjadi sukses dan membuat usaha Anda jadi besar harus dimulai dari awal yaitu usaha yang kecil. Semua perusahaan besar pada awal mulanya juga perusahaan kecil tapi dengan kerja keras dan trik si pemiliklah yang membuatnya bisa berkembang. Membuka usaha tidak bisa instan, dan harus melalui proses yang lama serta penuh lika liku. Ada juga yang sudah berusaha keras namun tetap tidak berhasil, mungkin karena ada beberapa kiat yang tidak dilakukan, atau salah dikerjakan. Berikut beberapa tips usaha kecil Anda agar bisa sukses.

  • Coba untuk lebih realistis. Saat membuat usaha atau bisnis, coba lihat ke sekeliling baik dari kerabat, keluarga, teman dan cari seseorang yang bisa Anda jadikan panutan (role model) yang usahanya berkembang dengan baik lalu pelajari cara mereka menyelesaikan masalah, cara pandang mereka, dan belajar dari pengalaman mereka.
  • Jangan menginvestasikan uang sendiri jika memang modal Anda terbatas. carilah aprtner atau investor yang berani menanamkan modal pada bisnis Anda. Karena usaha tidak akan mungkin bisa balik modal dalam waktu sekejap, melainkan butuh waktu. Tapi jika Anda memulai usaha lalu tidak mengalami keuntungan dan uang Anda cuma bisa untuk berputar di tempat saja, maka sudah dipastikan Anda butuh modal lebih besar untuk mengembangkan ide bisnis Anda.
  • Memperbudak diri sendiri. Jika Anda baru memulai usaha dan dana Anda tidak cukup untuk menggaji karyawan atau hanya bisa memperkerjakan satu orang, gunakanlah tenaga Anda juga untuk membantu bisnis Anda. Selain Anda bisa terjun langsung ke bisnis Anda, ini juga meringankan pengeluaran usaha Anda.

    Baca Juga:Ide Usaha Kecil Yang Menguntungkan

  • Rekrut karyawan dengan benar. Jika Anda merekrut yang hanya bisa digaji dengan rendah tanpa mempedulikan kualitas dan memikirkan pengeluaran kantor saja, maka cara Anda sudah salah. Pilih karyawan yang cepat tanggap dan rajin. Jadi, daripada mencari yang tidak berijasah dan bisa digaji rendah namun pekerjaannya selalu salah dan malas, maka ini tidak akan menguntungkan perusahaan Anda.
  • Perlakukan vendor atau supplier dengan baik. Jika Anda kasar, atau selalu menjelek – jelekkan vendor Anda, maka itu akan membuat hubungan kalian buruk. Semakin besar pembelian Anda di vendor tersebut, mungkin Anda akan bisa diberikan pembayaran secara kredit juga tanpa perlu langsung membayar tunai atau diskon khusus serta pelayanan yang baik.

Tips usaha kecil di atas adalah tips dasar yang harus dilakukan oleh pengusaha yang memang ingin maju dan serius di dunia bisnis. Masih banyak lagi kiat lain yang dilakukan tetapi yang terpenting adalah tetap berdoa dan bekerja lebih keras supaya bisnis Anda bisa sukses.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *