Home » Hobi Menyehatkan » Tips untuk Pemula Saat Terjun Payung dan Beragam Manfaatnya

Tips untuk Pemula Saat Terjun Payung dan Beragam Manfaatnya

Terjun payung merupakan kegiatan terjun dari pesawat dengan melepaskan parasut pada ketinggian tertentu, kegiatan ini juga sering disebut sebagai skydiving. Lompat dari pesawat dan terjun bebas melewati awan adalah suatu keseruan tersendiri. Tidak banyak orang menyukai kegiatan ekstrim ini terutama jika memiliki phobia terhadap ketinggian. Oleh sebab itu aksi ini biasanya dilakukan oleh ahlinya atau jika pemula maka akan didampingi ahlinya. Hal ini diperlukan kehati-hatian saat akan membuka parasut terutama jika parasut tidak terbentang sempurna maka akan sangat berbahaya dengan si penerjun.

Tips untuk Pemula Saat Terjun Payung dan Beragam Manfaatnya 

Untuk itu supaya kegiatan ini dapat dilakukan dengan benar dan meminimalisir terjadinya kesalahan maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting, seperti: 

  • Setidaknya berumur 18 tahun dan berat maksimal peserta adalah 125 kilogram, jika melebihi berat tersebut maka akan membuat parasut sulit untuk dibuka dan akan memperlambat penurunan saat berada di udara.
  • Pastikan tubuh dalam keadaan fit, cukup tidur sehingga memiliki konsentrasi dan fokus. Untuk tetap menjaga kesehatan pastikan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Jika mengalami masalah mata dapat menggunakan kacamata atau lensa kontak.
  • Pastikan mendengar secara keseluruhan dari instruksi upaya tidak mengalami permasalahan saat akan melakukan kegiatan ini. Bertanyalah jika ada yang masih kurang dimengerti karena semua akan berpengaruh terhadap keamanan dan juga keselamatan.
  • Saat akan terjun dari pesawat sebaiknya tidak langsung melihat ke bawah karena akan membuat drop pikiran, sebaiknya tetap memandang sekitar dan langit kemudian melompat dan perlahan menikmati pemandangan dibawah.
  • Jangan terlalu serius hingga lupa bahwa kegiatan ini untuk bersenang-senang.

Beberapa hal diatas perlu diperhatikan saat akan melakukan kegiatan ini. Jika hanya sekedar ikut tren dan pamer di media sosial sebaiknya tidak disarankan, karena apa yang terlihat pada gambar tidak sepenuhnya seperti apa yang akan dirasakan secara nyata. Jika ingin melakukan terjun payung pastikan menyiapkan diri jauh hari, dengan sering berolahraga rutin dan menjaga berat badan dengan baik.

Berikut adalah manfaat dari kegiatan ini:

  • Dapat menghilangkan stress karena pemandangan yang dapat dilihat dari atas akan membuang segala hal yang tidak baik dalam pikiran.
  • Menguatkan otot lengan dan juga membakar kalori dalam tubuh peserta.
  • Melawan ketakutan sehingga akan memberi kesadaran bahwa peserta lebih kuat dari apa yang ditakutinya.
  • Memberi tantangan baru dalam diri sehingga jauh lebih kuat.

Selain hal diatas juga, membuat rasa syukur bertambah karena melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya. Hal lainnya juga turut membangun ketahanan mental dan fisik. Aksi terjun payung ini biasanya dilakukan dalam beberapa momen tertentu dalam sebuah acara atau event besar. Kegiatan ini menarik dan siap memperlihatkan betapa besarnya ciptaan Tuhan.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *