Home » Hobi ekstrim » Tips – Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

Tips – Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

Saat ini mendaki merupakan salah satu kegiatan favorit bagi semua kalangan terutama kalangan muda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Pendakian ini sudah dijadikan agenda rutin dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah – sekolah dan universitas. Fisik dan mental yang kuat merupakan modal seseorang ketika mengikuti kegiatan mendaki gunung ini. Para senior harus selalu berbagi tentang beberapa tips, pengetahuan dan pengalamannya kepada para juniornya supaya ketika dalam melakukan pendakian terjamin keselamatannya. Berikut ini tips – tips yang harus dilakukan sebelum  mendaki gunung :

  • Melakukan survey Lokasi Pendakian

Para pendaki pertama – tama akan menentukan lokasi pendakian. Sebelum melakukan pendakian  sebaiknya para pendaki melakukan survey baik dengan cara langsung atau melalui internet  tentang lokasi yang akan dijadikan lokasi pendakian.  Hal ini untuk mengetahui kondisi terakhir gunung yang akan didaki, prakiraan cuaca, jalur pendakian yang akan dilewati. Para pendaki juga harus mempelajari peta area tersebut supaya mengetahui wilayah yang berbahaya dan wilayah yang aman.  

  • Mengurus Perizinan

Pendakian resmi adalah pendakian yang sudah mempunyai izin baik dari keluarga, sekolah atau universitas dan pihak – pihak yang bertanggung jawab terhadap area pendakian. Dalam perizinan yang diberikan biasanya memuat jadwal keberangkatan, jalur – jalur pendakian yang harus dilewati.

  • Melakukan Persiapan Fisik dengan Berolahraga

Sebulan sebelum mendaki sebaiknya para pendaki harus mempersiapkan fisik dengan berolahraga supaya ketika melakukan pendakian, badan tidak mengalami kelelahan atau sakit. Lakukan olahraga ringan seperti lari, renang dan olahraga ringan lainnya.

  • Melakukan Persiapan Mental

Persiapan ini bisa dilakukan dengan cara banyak beribadah dan berdoa kepada Tuhan supaya diberikan keselamatan dan kesehatan dalam melakukan pendakian.

  • Melakukan Koordinasi dengan Para Pendaki

Pendakian akan berjalan dengan lancar apabila koordinasi di dalamnya terjalin dengan baik. Koordinasi yang matang akan memudahkan para pendaki sampai ke puncak gunung. Dalam melakukan pendakian sebaiknya dilakukan secara berkelompok sehingga akan tercipta saling kerjasama ketika di perjalanan.

Baca juga beberapa sepeda gungung yang mesti kamu ketahui manfaatnya. Simak selengkapnya di tokolahraga.com

  • Mempersiapkan Perlengkapan Mendaki

Banyak perlengkapan mendaki gunung yang harus dipersiapkan oleh para pendaki mulai dari perlengkapan dasar seperti rangsel, pakaian, sepatu, jaket, tenda, makanan, obat – obatan,  sampai perlengkapan penunjang seperti peralatan masak, senter, alat navigasi, kacamata, topi. Perlengkapan yang dibawa harus disesuaikan dengan kebutuhan dan lamanya pendakian jangan sampai perlengkapan yang dibawa berlebihan dan bisa merepotkan para pendaki itu sendiri.

  • Berlatih Bertahan dalam Keadaan yang Buruk

Cuaca di pegunungan sangat ekstrim dan sangat cepat sekali mengalami perubahan. Hal ini akan mempengaruhi kondisi badan para pendaki. Kekuatan dan kemampuan para pendaki dalam bertahan menghadapi cuaca yang buruk akan benar – benar diuji. Dengan berlatih sebelumnya ujian tersebut akan dihadapi dengan mudah.

Tips – tips di atas akan memudahkan para pendaki khususnya pemula ketika akan mendaki gunung sehingga pendakian menjadi menyenangkan dan tidak mengalami hambatan yang berarti.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *