Home » hobi » Tips Pola Makan Bagi Para Pemain Sepakbola

Tips Pola Makan Bagi Para Pemain Sepakbola

Para pemain bola selalu menunjukkan kondisi yang prima dalam kondisi apapun khususnya saat bertanding di lapangan. Hal itu dikarenakan para pemain sepakbola sangat menjaga pola hidupnya khususnya pola makan yang sehat dan teratur. Kondisi ini merupakan sebuah tuntutan bagi atlet bola professional baik pemain Indonesia maupun pemain kelas dunia.

Tips Pola Makan Bagi Para Pemain Sepakbola

Program pola makan sehat yang dijalani para pemain sepakbola berfokus pada 2 hal penting yakni karbohidrat sebelum bertanding dan protein sesudah bertanding dengan kebutuhan energi rata-rata 3.550 kcal/hari. Kebiasaan pola makan sehat ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan para pemain dari faktor genetic, sosio-ekonomi, lingkungan dan budaya. Maka para pemain diharapkan memiliki kesadaraan pribadi akan kebutuhan dan tuntutan yang harus dipenuhi.

Perkembangan Nutrisi Bagi Para Pemain Bola

Pada awalnya para kesebelasan tidak memperhatikan diet sehat khusus bagi para atlet sepakbola hingga pada tahun 1990, para kesebelasan dunia memulai pola makan yang sehat dengan memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat dan gula yang bisa didapat dari 2 iris ikan lidah lemon, roti bakar serta madu agar mereka dapat tampil di pertandingan dalam keadaan yang prima. Sedangkan di Indonesia sendiri banyak sekali pilihan makanan yang dapat dipilih.

Sarapan Itu Penting

Para atlet bola umumnya melakukan latihan sebanyak 2 kali sehari sehingga membutuhkan sarapan pagi agar nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan perut seorang pemain sepakbola tidak boleh kosong maupun kekenyangan saat latihan maupun bertanding. Menu makanan yang dapat digunakan untuk sarapan adalah roti cokelat, roti panggang + selai/ madu, bahkan bubur. Sedangkan untuk minumannya bisa menggunakan jus buah segar.

Menu Makan Siang dan Makan Sore

Dalam masa recovery atau pemulihan alangkah baiknya para pemain tetap mengisi perutnya dengan pasta atau ayam untuk mengisi kembali energi yang hilang. Jika pada waktu sarapan bisa mengisinya dengan karbohidrat, maka pada waktu sore hari sebaiknya para pemain mengisi perutnya dengan protein dan minuman berkabohidrat seperti susu cokelat dalam porsi yang sedikit.

Makan Malam Ringan

Hindari untuk makanan yang terlalu berat karena akan memperlambat proses pencernaan, sehingga sebaiknya pemain sepakbola memilih jenis ikan dan memperbanyak sayuran serta air putih agar tubuh kembali prima saat pagi hari.

Ubah Kebiasaan Buruk

Sebenarnya para pemain sepakbola tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan ‘tidak sehat’, namun mereka harus memiliki kesadaran pribadi atas kebutuhan tubuh mereka. Sehingga jika merasa memiliki pola hidup yang salah haruslah diperbaiki secara bertahap. Tidak hanya para atlet, namun manusia memanglah harus menghindari kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan ‘tidak sehat’, istirahat yang kurang, merokok, minum alkohol, dan sebagainya guna menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya. Bukankah begitu?

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *