Home » Hobi Menyehatkan » Tips Perawatan Sepeda Untuk Pemula 2017

Tips Perawatan Sepeda Untuk Pemula 2017

Perawatan Sepeda — Bagaimana sebenarnya cara merawat sepeda yang benar, di bawah ini kami telah melist kiat dan trik perawatan sepeda yang bisa Anda terapkan dalam merawat sepeda Anda. simak ulasannya sebagai berikut.

Beriku tips perawatan sepeda untuk pemula 2017.

  • Jika Ana hendak mencuci sepeda Anda, Janganlah mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi. Sebenernya nggapapa sih untuk beberapa bagian, tapi hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.
  • Jangan melumasi menggunakan WD-40 atau sejenis penetran lainnya. Kenapa? Karena penetran tersebut  meluruhkan dan mengencerkan gemuk/grease di sepeda, walhasil benda-benda bergerak tersebut bisa aus karena greasenya hilang.
  • Lumasi secara berkala kabel-kabel rem dan shifter serta rantai. Rantai yang kering selain berisik, juga bisa mengikis gear.
  • Periksa tekanan ban. Nah ini sering dilupakan, ban luar biasanya ada keterangan mengenai tekanan minimum dan maksimum. Tekanan terlalu rendah membuat berat digowes dan ban cenderung lebih mudah kempes tertusuk benda ataupun kempes karena ban dalem terlipat.
  • Periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang peyang sehingga goyang bisa menghambat putaran roda, terutama yang tidak menggunakan discbrake karena velg/rim tadi menggerus kampas rem.
  • Cek kekencangan baut as roda (quick release bagi yang menggunakan) . Fatal nih bila roda lepas tiba2 ketika jalan!! Coba goyang kiri-kanan roda, kencangkan bila longgar. Oiya roda oblak juga bisa akibat baut pengencang bearing (cup & cone/pelor) longgar.

    Baca Juga: Ragam Sepeda Sport

  • Cek apakah kinerja peranti pemindah gigi (shifter, RD, FD) bagus. Bahaya sih ngga, tapi kalo gigi loncat2 sangat mengganggu tuh.. setel aja, bisa dibawa ke bengkel2 terdekat atau setel sendiri juga bisa.
  • Semua part bergerak di sepeda hampir ada masa pakainya. Jangan ragu untuk mengganti part2 tersebut bila sudah aus atau rusak. Safety first ya.
  • Atur jarak main rem. Terlalu ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada motor motong jalan, terlalu ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan velg atau rotor (discbrake) dan mudah ngunci bila panic braking. Kalo tuas rem anda memiliki fitur ‘reach adjuster’, atur tuas rem tersebut berada pada buku jari kedua jari pengereman anda. Hal ini mengoptimalkan kekuatan jari ketika mengerem.
  • Karet handle grip sepeda wajib mencengkeram stang anda dengan kuat, jangan sampai ketika gowes karet grip tersebut mudah lepas. Kalo lagi ngerem mendadak karetnya copot bisa2 bibir dower tuh nyium aspal.
  • Posisikan barang bawaan anda (ransel, tas, kresek, dll) dengan baik sehingga ngga mengganggu gerakan tubuh saat menggowes, kalo bisa letakkan di sepeda dan bukan di tubuh. Hal ini sangat berpengaruh terhadap reaksi pesepeda menghadapi medan. Selain juga bikin pegel kalo bawa barang di badan..

Semoga tips perawatan sepeda di atas bisa anda jadikan bahan referensi dan bermanfaat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *