Home » Hobi ekstrim » Tips Penting bagi Pemula Sebelum Melakukan Offroad

Tips Penting bagi Pemula Sebelum Melakukan Offroad

Sebelum memacu adrenalin di atas kendaraan offroad, tentu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Salah satu yang paling utama adalah persiapan kendaraan offroad. Medan yang ekstrem menuntut kendaraan harus berada dalam keadaan prima. Berikut ini beberapa tips penting bagi pemula sebelum melakukan offroad yang bisa Anda simak.

Untuk jenis medan yang relatif ringan seperti sedikit berlumpur, tidak terlalu dalam, jalan masih bisa dipilih serta tanjakan yang tidak melebihi 450, maka semua kendaraan roda empat dengan sedikit modifikasi bisa digunakan.

  • Bodi

Untuk mobil tujuan offroad, butuh beberapa penyesuaian sebelumnya, seperti karpet lantai yang tidak perlu dipasang, lubang air yang ditutup serta sambungan kabel yang harus dipastikan tertutup rapat. Jika nantinya akan melewati jalan yang penuh air, sebaiknya memasang snorlker juga, untuk mencegah agar percikan air tidak masuk dalam saluran hisap mesin. Bodi mobil tidak butuh penyesuaikan apapun dalam bentuknya.

  •  Suspensi dan ban

Untuk kendaraan offroad, biasanya ban yang digunakan lebih tinggi sekitar 10% dari ukuran pabrik. Anda juga bisa memilih jenis yang cocok di medan lumpur, seperti Mud Terrain, Super Swamper, Jeep service atau Extra grip. Perlu diperhatikan juga, saat melakukan penggantian ban, cek juga apakah perlu meninggikan bodi atau meninggikan suspensi mobil. Karena meninggikan suspensi mobil lebih mudah dilakukan dibandingkan meninggikan bodi mobil.

Selain itu, cek juga apakah ban akan tersangkut atau tidak saat setir dibelokkan. Saat meninggikan suspensi mobil, cek juga keadaan caster, ikut berubah atau tidak. Ganti shock-absorber juga jika Anda telah meninggikan suspensi mobil.

  • Mesin

Mesin adalah bagian utama yang perlu perhatian besar. Tidak banyak perubahan yang perlu dilakukan pada bagian ini. Meski demikian, Anda juga harus memerhatikannya dengan benar dan memastikan agar air tidak masuk ke dalam mesin hingga mengganggu sistem kelistrikan. Cek setiap sambungan kabel dalam mesin untuk memastikan semua dalam keadaan baik.

Untuk kipas radiator, pilih viscous coupling. Pilihan ini dilakukan untuk menghindari kipas tertahan air atau kipas membuat air muncrat, saat terpaksa kemasukan air.

Baca Juga : Peralatan Olahraga Trail Motor Cross

  • Peralatan Bantu

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah peralatan bantu. Peralatan ini dapat digunakan saat keadaan tertentu, seperti tersangkut di parit atau sejenisnya. Jika Anda pergi dengan lebih dari satu mobil, peralatan winch ini tidak perlu dibawa, karena ada mobil lain yang akan membantu.

Tetapi jika Anda pergi hanya satu mobil saja, maka winch wajib dipasang. Pilih yang kekuatan tariknya lebih kurang 1,5 kali berat mobil. Jika dilengkapi dengan alat ini, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan baterai mobil. Kalau perlu ganti baterai yang lebih besar atau beterai kering.

  • Peralatan Pelengakap Lain

Selain perlengkapan yang berhubungan langsung dengan mobil, beberapa peralatan lain juga perlu Anda persiapkan untuk melakukan offroad. Seperti P3K, pemadam api, ban cadangan, kunci roda dan dongkrak serta alat komunikasi.

Peralatan bantu lain yang bisa ditambahkan juga seperti Liftjack, tangki cadangan, lampu sorot, alternator besar.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *