Home » Hobi ekstrim » Tips Modifikasi Komponen Motor Cross

Tips Modifikasi Komponen Motor Cross

Saat ini motor cross semakin digemari. Memiliki kendaraan seperti sepeda gunung bisa membuat kebanggan tersendiri apalagi motor tersebut adalah hasil dari modifikasi. Bahkan tidak sedikit penggemar motor trail yang multifungsi, yaitu bisa digunakan di jalan raya maupun dikondisi jalan di pegunungan.

Motor ini juga bisa digunakan disegala macam cuaca, baik waktu kemarau maupun saat hujan. Namun sayangnya masih banyak orang yang hanya sekedar memodifikasi tanpa tahu tujuan sebenarnya.

Motor trail bisa dihasilkan dari motor biasa dengan cara dimodif. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan motor trail dengan buget yang cukup murah dibandingkan harus beli motor trail.

Agar modifikasi motor berhasil dan tetap menjaga performa motor adalah sebagai berikut:

  • Setang

Komponen pertama yang harus dimodifikasi adalah setang. Anda bisa ganti setang motor Anda dengan bentuk yang lebar. Setang yang lebar lebih ringan digunakan dijalanan yang tidak rata. Sedangkan bahan yang digunakan harus terbuat dari bahan yang kuat, tidak mudah bengkok apabila motor jatuh.

  • Ban Motor

Motor trail harus menggunakan ban motor yang biasanya disebut ban pacul atau ban tahu. Disebut demikian karena bentuknya kotak. Dalam bahasa Inggris ban ini disebut knobby tire. Ban jenis ini berguna agar traksi roda bisa berjalan di kondisi tanah ataupun di bebatuan.

Baca Juga: Mengenal Peralatan Terjun Payung (Skydiving)

  • Tangki Bensin

Tangki bensin adalah bagian motor yang penting, jika Anda akan memodif motor menjadi trail bisa mengubah tangki bensin yang lebih banyak menampung bensin.

  • Spakbor

Bagian body motor khususnya pada bagian spakbor harus diganti dengan model motor trail. Anda bisa mendapatkan spakbor di toko-toko otomotif yang ada di kota Anda. Spakbor jenis motor trail mencegah tanah menyelip atau menciprat disela-sela roda dan spatbor. Kelebihan lainnya adalah dari bahannya yang lebih lentur sehingga tidak mudah patah.

  • Knalpot

Salah satu model knalpot untuk motor trail adalah yang modelnya udang. Model ini  tidak mudah patah, penyok jika motor jatuh. Selain itu pilih knalpot dari merk yang sudah terkenal agar performa yang dihasilkan maksimal.

  • Mesin

Mesin Anda bisa diganti dengan mesin motor cross. Karena mesin trail harus menggunakan mesin yang kuat, tangguh dan menunjang performa motor.

  • Chain Guard

Komponen yang satu ini disimpan di bagian depan gir belakang motor. Anda bisa menggunakan chaid guard untuk part tambahan motor. Fungsi chain guard adalah untuk menjaga rantai tidak lepas walaupun digunakan di jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi.

  • Stopper

Stopper biasanya disimpan di bagian pentil ban bagian dalam. Fungsinya untuk menghindari ban slip saat motor cross melakukan aksi.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *