Home » hobi » Tips Menjalankan Hobi Olahraga agar Mendatangkan Seribu Manfaat

Tips Menjalankan Hobi Olahraga agar Mendatangkan Seribu Manfaat

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas tersebut juga dapat menjadi sebuah hobi yang menyenangkan, namun hobi olahraga yang dilakukan dengan benar dan tepat sudah pasti akan mendatangkan seribu manfaat. Salah satu jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan adalah lari. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap konsisten dalam menjalankan olahraga lari.

Tips Menjalankan Hobi Olahraga agar Mendatangkan Seribu Manfaat

Lomba Maraton 5k untuk Sarana Latihan

Anda yang menyukai olahraga lari dan menjadikannya sebagai hobi sebaiknya tetap memiliki sebuah target agar kekuatan tubuh semakin bertambah. Salah satu cara dapat melatih hobi Anda ini adalah mengikuti lomba marathon 5k. Lari marathon akan membuat kecepatan berlari Anda semakin meningkat tanpa harus memaksa kekuatan tubuh.

Tambahkan Latihan Kekuatan

Anda dapat memperoleh seribu manfaat dari hobi berolahraga khususnya lari jika didukung pula dengan beberapa latihan kekuatan sehingga lebih kuat dan minim risiko cidera.

Atur Jadwal Lari Secara Terstruktur

Buatlah hobi olahraga lari Anda tersusun dalam sebuah jadwal yang terstruktur dan strategis seperti latihan dengan target dan intensitas tertentu daripada jarak yang akan ditempuh. Anda harus menyesuaikan juga dengan kondisi kekuatan tubuh agar olahraga dapat dilakukan dengan aman.

Tambahkan Kecepatan Berlari Ketika Dekat Garis Finish

Untuk melatih kecepatan berlari, lakukan olahraga tersebut dengan kecepatan normal di bagian awal kemudian ditingkatkan hingga kecepatan maksimal saat mendekati garis finish. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, latihan ini juga akan melatih mental agar memiliki mental yang kuat.

Rutinitas Lari Jarak Jauh dalam 1 Minggu Sekali

Hobi olahraga lari dapat diasah dengan rutinitas lari jarak jauh yang dilakukan dalam seminggu sekali. Anda dapat mengawali aktivitas tersebut dengan mengetahui jarak yang akan ditempuh yakni rata-rata durasi lari + 5-10 menit. Lakukan secara bertahap pada setiap minggunya.

Kesalahan dalam Olahraga Lari

Setelah memahami dan melaksanakan tips diatas, Anda harus memperhatikan pula beberapa kesalahan berikut yang harus dihindari, diantaranya yaitu:

  • Peregangan Setelah Olahraga

Peregangan otot yang benar dilakukan sebelum olahraga, tetapi jika Anda tidak melakukannya maka dapat menimbulkan kram dan rasa letih yang berlebih.

  • Fokus pada Jarak Tempuh

Ukur kemampuan Anda sesuai waktunya bukan jarak tempuh larinya. Hal ini dikarenakan waktu tempuh berlari dapat menjaga bentuk fisik dan daya tahan tubuh.

  • Tidak Memiliki Waktu Luang

Lakukan hobi olahraga Anda di waktu yang tepat dan rutin tanpa harus memaksakan diri ditengah-tengah pekerjaan yang super sibuk.

  • Lakukan Langkah Panjang

Cara olahraga lari yang aman adalah tidak melakukan langkah panjang melainkan langkah pendek agar tidak mengalami cidera.

  • Lakukan Olahraga Lari pada area jalan menanjak

Untuk lebih melatih kekuatan otot, Anda dapat melakukan olahraga lari dengan menaiki dan menuruni bukit. Selain itu manfaat lain yang dirasakan adalah sensasi yang berbeda karena penuh tantangan.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *