Home » Koleksi Barang » Tips Menjadi Kolektor Uang Kuno Untuk Mendapatkan Koleksi

Tips Menjadi Kolektor Uang Kuno Untuk Mendapatkan Koleksi

Salah satu hobi yang terbilang cukup langka di jaman sekarang ini adalah mengumpulkan uang lama, istilahnya disebut “Numismatik”. Hobi yang satu ini terbilang langka karena sulit untuk mendapatkan informasi dan uang kuno itu sendiri. Selain itu untuk menjadi kolektor uang dituntut harus sabar dan teliti.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjadi kolektor uang lama, bahkan bagi Anda yang masuk dalam kategori kolektor pemula. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dijadikan poin untuk mendapatkan koleksi uang yang Anda inginkan.

Mencari Ke Toko Barang Antik

Cara pertama untuk mendapatkan uang lama, baik uang dalam bentuk kertas maupun koleksi adalah dengan memasuki toko-toko yang menjual barang antik, Anda bisa mencari toko yang menyediakan jenis uang untuk dikoleksi namun bisa juga memasuki toko barang antik yang menjual berbagai jenis barang, jika Anda beruntung bisa mendapatkan uang yang berusia tua.

Untuk mencari informasi toko-toko barang antik caranya bisa menelusuri melalui buku telepon atau searcing di internet. Jika tidak Anda bisa bergabung bersama komunitas pecinta uang lama/ antik. Cara ini bisa dibilang lebih efektif, karena selain mendapatkan informasi mengenai toko barang antik, Anda bisa mendapatkan beragam informasi yang berhubungan dengan uang lama.

Lelang Koin

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang kuno adalah melalui lelang. Hanya saja untuk mengikuti lelang Anda harus mengatahui, mencermati dan memahami peraturan dan produser yang ditetapkan. Yang perlu Anda ketahui ada beberapa jenis kategori lelang koin yang biasanya dilakukan. Ada lelang melalui surat, lelang melalui telepon dan lelang melalui internet.

Teliti dan cermati jenis koin yang Anda ikut lelangkan. Anda bisa membuat penawaran harga yang pas. Hati-hati jika mengikuti lelang karena umumnya bisa membuat Anda ketagihan. Jadi imbangi dengan melatih disiplin.

Pembelian Via Pos

Pembelian uang lama bisa melalui surat atau pos. Cara untuk mendapatkan uang lama ini cukup popular dan praktis. Biasanya para dealer atau penyalur koin memberikan harga yang lebih murah. Agar terhindar dari kecewa, sebaiknya sebelum melakukan pemesanan cermati dulu brosur dan penawarannya.

Karena bagaimanapun brosur biasanya hanya menjelaskan informasi mengenai koin yang kurang rinci. Jadi penting untuk mencari tahu detail karakteristik uang kuno yang ditawarkan dan sumber lainnya sebelum Anda benar-benar memesannya.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *