Home » Hobi Aneh » Tips Menjadi Kolektor Action Figure

Tips Menjadi Kolektor Action Figure

Action figure merupakan mainan yang berkarakter terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakter tersebut diambil dari dari tokoh – tokoh film, komik, video game dan acara televisi. Banyak orang yang mulai tertarik untuk mengkoleksinya tetapi sedikitnya informasi menjadi pertimbangan bagi calon kolektor untuk mengoleksinya. Berikut ini tips menjadi kolektor action figure :

Menentukan tujuan dalam mengoleksi Action figure

Sebelum mengoleksi mainan tersebut, calon kolektor harus menentukan tujuannya dalam mengoleksinya agar tidak menyesal dikemudian hari. Tujuan tersebut diantaranya mengoleksinya hanya untuk pajangan saja, mengoleksinya hanya untuk dimainkan dan mengoleksinya untuk investasi yang bisa mendatangkan keuntungan. Ketiga tujuan tersebut bisa dijadikan pertimbangan bagi calon kolektor.

Merawat koleksi Action figure dengan baik

Perawatan sangat diperlukan untuk menjaga koleksi mainan tersebut agar tetap awet dan terlihat seperti baru. Banyak cara untuk merawat koleksi mainan tersebut diantaranya :

Memisahkan berdasarkan bahan bakunya

Sebelum membersihkan pisahkan koleksi mainan tersebut berdasarkan bahan baku yang terbuat dari plastic, besi, ataupun material lainnya agar perawatannya yang diberikannya tidak salah.

Memilih sabun yang tepat

Setelah dipisahkan berdasarkan bahan bakunya, baru memilih sabun yang akan digunakan untuk mencuci koleksi mainan tersebut. Pergunakanlah sabun cuci baju untuk mencuci koleksi mainan yang terbuat dari plastik dan pergunakanlah sabun cuci piring untuk mencuci koleksi mainan yang berbahan besi agar tidak terjadinya karat. Setelah dicuci bersihkan dengan air dingin kemudian lap hingga kering sambil di jemur di bawah matahari.

Penataan kembali.

Setelah kering tata kembali koleksi – koleksi mainan ditempatnya. Jangan lupa tempat penyimpanannya juga harus dibersihkan.

Tentukanlah Action figure yang akan dikoleksi

Dengan menentukan tema yang akan dikoleksinya dapat menghemat uang yang dianggarkan. Pilihlah yang benar – benar disukai.

Membeli sesuai anggaran

Sebelum mengkoleksi mainan tersebut aturlah anggaran yang akan digunakan untuk memenuhi hobi tersebut. Jangan sampai anggaran untuk kehidupan sehari – hari terpakai hanya untuk membeli koleksi mainan.

Perhatikan harga pasar dan kondisi barangnya

Banyak informasi harga yang bisa didapatkan melalui internet. Cari informasi sebanyak banyaknya supaya harga koleksi mainan yang dibeli tidak kemahalan. Dengan informasi yang diperoleh para calon kolektor bisa membandingkan harga – harga sehingga diperoleh harga yang termurah.

Jangan tergoda dengan harga yang murah

Pada saat ini banyak koleksi – koleksi mainan yang asli tapi palsu atau disebut KW. Untuk kolektor yang berpengalaman pasti sudah bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu tetapi bagi calon kolektor hal itu merupakan sesuatu yang sulit.

Demikianlah tips – tips untuk mengkoleksi action figure bagi kolektor pemula. Carilah informasi – informasi yang berhubungan dengan koleksi mainan tersebut baik itu melalui ikutan komunitas – komunitas hobi.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *