Home » Koleksi Barang » Tips Mengoleksi Aneka Barang Antik Agar Tidak Rugi

Tips Mengoleksi Aneka Barang Antik Agar Tidak Rugi

Mengoleksi barang belakangan ini memang cukup digemari oleh sebuah kalangan tidak hanya orang dewasa saja, melainkan juga anak muda. Ada banyak sekali ragam barang yang umumnya mereka kumpulkan hingga sangat lengkap. Apalagi terkadang hal ini juga bisa menjamin peruntungan di masa yang akan datang, yaitu dengan menjual barang-barang tersebut ke pasaran. Khusus untuk kategori lama dikenal juga dengan aneka barang antik, lama, kuno atau jadul umumnya sudah tidak ada lagi yang memproduksinya dan sulit didapatkan, sehingga harganya juga bisa melambung menjadi sangat tinggi, contohnya saja adalah uang keluaran lama yang peredarannya memang sudah lama diberhentikan oleh pihak BI.

Sekarang untuk satu buah koin atau satu lembarnya dengan nilai 100 rupiah saja harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Dengan alasan nilai jual yang kian melambung tak heran jika seandainya banyak kemudian masyarakat yang senang mengoleksi beberapa jenis barang tersebut, untuk kemudian dijual di suatu hari. Hanya saja memang tidak semua orang mengoleksi atas dasar atau tujuan uang, melainkan juga banyak diantaranya yang mendasarkan pada hobby saja.

Mulai dari mengumpulkan satu atau dua lama-lama menjadi banyak hingga seri terlengkap, contohnya sendiri adalah mainan action figure. Sebenarnya ketika Anda ingin mengoleksi aneka barang antik ini sendiri ada banyak hal yang patut untuk menjadi pertimbangan, sehingga nantinya apa yang sudah dikoleksi tidak berakhir sia-sia, diantaranya adalah:

  1. Apa yang ingin dikoleksi, hampir semua jenis barang bisa dikoleksi, namun apakah semuanya menjamin nilai jual yang meningkat di kemudian hari? Tentunya tidak. Misalkan saja adalah mengoleksi jam tangan seri lama, barang ini dikemudian hari ketika sudah tidak diproduksi lagi akan jadi produk antik, sehingga nantinya bisa dijual lagi dengan harga yang tinggi ke pasaran, begitu juga dengan mobil atau kendaraan lainnya.
  2. Tentukan terlebih dahulu biayanya, tidak semua barang koleksi dikatakan murah, misalnya saja kendaraan atau perhiasan, semuanya membutuhkan pengeluaran yang tinggi untuk bisa mendapatkannya, tidak menjamin juga bahwa harganya di kemudian hari akan melambung tinggi. Untuk itu budget juga harus dipersiapkan secara matang sebelum memutuskan untuk memulainya.
  3. Lakukan survey atau perbanyak informasi terkait barang akan diteliti, hal ini sangat penting namun jangan dilakukan, sehingga sering kali membuat koleksi terbuang sia-sia, misalnya saja tidak ada yang istimewa dari barang yang akan dikoleksi, tentunya tidak menjamin akan ada yang membeli di kemudian hari bukan. Untuk itu sebelumnya harus perbanyak informasi terlebih dahulu tentang barang yang akan Anda koleksi tersebut.
  4. Ketahui cara perawatannya, tidak semua barang koleksi cukup disimpan dalam lemari saja, mengingat ada beberapa diantaranya yang butuh perawatan ekstra, misalnya adalah kendaraan, hal ini tentunya membutuhkan pengeluaran ekstra juga, jadi wajib dipertimbangkan, karena jika kondisinya tidak lagi estetik tentu akan sulit dijual di kemudian hari.
  5. Pelihara nilai barang koleksi tersebut, caranya adalah dengan melihat-lihat penjualan produk atau aneka barang hobi dan koleksi yang sama, sekarang ini cukup banyak yang menawarkannya secara online, Anda juga bisa bergabung lewat beberapa forum ketika ingin menjualnya.

Aneka barang antik yang dimiliki di kemudian hari memang bisa membuat keuangan menjadi berlipat ganda, sehingga bisa menjadi salah satu investasi terbaik untuk Anda. Barang-barang semacam ini tentunya bukan barang yang biasa, melainkan memang ada nilai sejarahnya tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *