Home » Peluang Bisnis » Tips Menentukan Ide Usaha Sampingan yang Tepat

Tips Menentukan Ide Usaha Sampingan yang Tepat

Ada dua alasan seseorang melakukan usaha sampingan. Pertama, karena ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Kedua karena panggilan jiwa untuk jadi seorang pengusaha. Apapan alasan Anda melakukan usaha sampingan, pemilihan usaha yang tepat tetaplah menjadi prioritas. Berikut ini tips menentukan ide usaha sampingan yang tepat, yang dapat Anda praktekkan di rumah.

Berkenalan dengan Minat dan Bakat Anda.

Sebelum memulai sebuah ide usaha, ada baiknya kenali terlebih dahulu minat dan bakat Anda. Karena melakukan usaha sampingan, di luar pekerjaan utama tentu akan menguras waktu, tenaga serta pikiran. Jadi, agar Anda tidak merasa berat melakukannya, pilihlah usaha yang memang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Kalau perlu, pilih usaha berdasarkan hobi Anda. Sehingga saat menjalankannya akan terasa mudah dan menyenangkan.

Atur Waktu Sebaik Mungkin

Dalam bisnis, tidak jarang disebutkan ‘waktu adalah uang’. Begitu pula saat Anda memulai melakukan usaha sampingan. Selain pekerjaan utama, Anda harus bisa mengatur dan menyediakan waktu sebaik mungkin untuk usaha Anda nantinya. Waktu penting bagi usaha Anda, karena bisnis yang berhasil salah satunya karena pengelolaan waktu yang baik.

Pembagian Tenaga dan Pikiran untuk Usaha Sampingan

Untuk menjalankan usaha sampingan, Anda butuh membagi tenaga dan pikiran di luar pekerjaan utama. Untuk beberapa pekerjaan, Anda tetap bisa melakukannya di sela-sela waktu pekerjaan utama. Tapi, beberapa pekerjaan lain butuh waktu yang lebih fokus. Sebelum memilih usaha sampingan yang akan Anda jalankan, pertimbangkan juga tenaga dan pikiran yang harus Anda persiapkan.

Usaha Sampingan yang Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama

Karena namanya ‘usaha sampingan’, tentu kegiatan ini tidak boleh mengganggu aktivitas atau pekerjaan utama Anda. Pilih dan pertimbangan jenis pekerjaan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama atau sama sekali tidak berkaitan dengan pekerjaan utama.

Baca Juga:Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Perlu Keluar Rumah


Pilih Usaha Sampingan yang Tidak Harus Dikelola Sepanjang Waktu

Bagi Anda yang memiliki waktu luang sangat terbatas tetapi tetap ingin melakukan usaha sampingan, maka pilihlah jenis pekerjaan yang tidak harus dikelola sepanjang waktu, sepanjang hari.

Beberapa di antaranya yang dapat dicoba seperti, perikanan, peternakan atau budidaya. Anda tidak harus mengawasi pekerjaan ini selama 24 jam penuh, tetapi juga tetap bisa mendapatkan hasilnya.

Buat Rancangan Keuangan

Modal adalah salah satu komponen penting dalam bidang usaha. Karena itu, sebelum melakukan usaha, Anda perlu membuat dan melakukan perencanaan yang matang terkait modal serta keuangan selama kegiatan usaha. Jangan sampai, niat hati ingin untung, tetapi karena rencana dan pengelolaan keuangan yang buruk, Anda justru mengalami kerugian.

Pertimbangkan Juga Prospek Bisnis ke Depan

Ketelitian jadi model utama bagi Anda yang melakukan usaha sampingan, tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama. Selama melakukan pekerjaan sampingan, Anda juga harus peka terhadap perubahan serta prospek bisnis Anda ke depan. Apakah Anda bisa terus mengembangkannya atau hanya bersifat sementara saja.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *