Home » Mainan » Tips Mencuci Boneka

Tips Mencuci Boneka

Boneka adalah barang yang lucu yang disukai banyak orang. Terutama kaum wanita, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika anda memiliki beraneka ragam boneka mulai dari yang berukuran kecil hingga besar atau terbuat dari bulu biasa atau bulu yang rentan rontok untuk di cuci, tips mencuci boneka ini wajib anda simak. Namun sebelum mulai mencuci boneka, anda perlu memperhatikan boneka-boneka anda agar tidak salah dalam memilih cara pencuciannya. Karena tidak semua boneka dapat dicuci langsung dengan air atau dengan mesin cuci.
Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih cara yang tepat dalam mencuci boneka kesayangan.

  • Perhatikan label yang terdapat pada boneka (jika ada) untuk menentukan apakah boneka tersebut dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Jika boneka dapat dicuci dalam mesin cuci, perhatikan juga bahwa boneka tidak dalam kondisi sobek. Jika ingin mencuci boneka bersamaan dengan pakaian, pastikan tidak ada pakaian yang luntur agar tidak merusak warna boneka.
  • Untuk jenis boneka yang bahannya mudah menyusut ketika dicuci, sebaiknya tidak dikeringkan menggunakan mesin pengering. Sebaliknya untuk boneka yang bahannya tidak mudah menyusut, anda dapat mengeringkannya dalam mesin pengering.
  • Jemur boneka di tempat yang tidak langsung terkena matahari atau cukup diangin-anginkan untuk menjaga warna alami boneka.

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut di atas, berikut adalah beberapa cara mencuci boneka kesayangan anda dengan menggunakan air.

Untuk boneka yang sangat kotor, anda dapat mencucinya menggunakan mesin cuci atau manual. Jika anda mencuci boneka dengan air, siapkan sebuah kantong (sarung bantal putih polos). Caranya :

Pertama, masukkan boneka ke dalam sarung bantal putih lalu ikat dengan rapat. Proses pencucian boneka dengan memasukkannya ke dalam kantong bertujuan agar bulu boneka tidak mudah rontok jika di kucek dengan tangan atau dimasukkan dalam mesin cuci.

Kemudian masukkan kantong berisi boneka ke dalam mesin cuci. Atur kecepatan mesin cuci ke yang paling rendah dan masukkan deterjen secukupnya.

Setelah proses pencucian, bilas dengan air bersih, tidak perlu menggunakan pelembut pakaian. Karena pelembut pakaian jika digunakan pada boneka dapat membuat warna boneka mudah luntur.

Setelah dibilas, peras boneka dengan cara menekannya dengan tangan atau diinjak-injak jika boneka berukuran besar. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan air yang diserap boneka.

Keringkan boneka dengan mengangin-anginkannya atau dijemur di tempat yang teduh. Namun jika anda ingin mengeringkannya dengan mesin pengering, gunakan low heat mode (tidak terlalu panas).

Setelah kering, jika boneka anda berbulu lebat dan panjang, anda dapat menyisirnya dengan sisir yang tidak rapat dan berujung tumpul. Sisir secara perlahan agar bulu boneka tidak rusak atau rontok.

Terakhir, pastikan boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum untuk membuat boneka tetap segar dan wangi. Pilih parfum yang tidak membuat warna luntur dan tidak meninggalkan noda pada boneka.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *