Home » Mainan » Tips Memperkenalkan Permainan Tradisional Kepada Buah Hati Anda

Tips Memperkenalkan Permainan Tradisional Kepada Buah Hati Anda

Zaman Anda kecil tentu sering sekali menikmati permainan tradisional entah bermain kelereng, layang-layang, atau permainan tempo dulu jenis lainnya. Permainan seperti ini ternyata di zaman modern seperti sekarang nyaris terlupakan sebab tergeser oleh berbagai jenis permainan modern yang memperkenalkan teknologi. Anak-anak cenderung menyukai mainan yang mampu bergerak, mengalunkan musik, dan sebagainya secara otomatis ketimbang bermain engklek di halaman depan rumah. Mengapa? Padahal, permainan yang sifatnya tradisional justru menghadirkan lebih banyak manfaat bagi pelakunya.

Tips Memperkenalkan Permainan Tempo Dulu ke Anak

Bermain dengan permainan yang sifatnya tradisional membuat anak mampu bergerak secara aktif sehingga tubuh mereka semakin sehat dan juga bugar. Membantu si kecil menikmati permainan seperti ini tentunya butuh peran Anda selaku orangtua, dan tips berikut membantu Anda untuk memperkenalkannya:

  • Membelikan mainan yang sederhana,

Sebagai upaya untuk menanamkan kecintaan anak terhadap permainan masa dulu maka belikan mainan yang sederhana. Perkenalkan anak pada mainan yang mengasah kreatifitas dan keterampilan mereka dalam bergerak, beraktivitas maupun bersosialisasi. Misalnya saja memperkenalkan mainan boneka kertas sehingga lebih sederhana dan mudah dimainkan sekaligus dinikmati bersama teman sebayanya.

  • Kreatiflah membuat mainan dari barang sekitar,

Memberitahu anak mengenai keberadaan permainan tradisional juga bisa dilakukan dengan membuat kreasi mainan sendiri. Mulailah menimbang untuk mengasah kemampuan membuat mainan dari benda di sekitar rumah atau lingkungan. Sebab sebuah plastik bisa dijadikan mainan yang seru dimainkan ketika dikreasikan menjadi suatu bentuk lain, misalnya ditiup menjadi balon dan di ledakan. Mainan buatan sendiri membuat anak mengikuti karakter Anda tersebut sehingga baik sekali untuk merangsang kreatifitas mereka sejak dini.

  • Ajak anak bermain bersama berbagai permainan masa dulu,

Permainan yang terkenal di zaman dulu sebenarnya sangat asyik dimainkan di zaman modern seperti sekarang. Terlebih dimainkan secara berkelompok, sebab jarang sekali permainan satu ini dilakukan sendirian. Beberapa jenis permainan dilakukan minimal bersama satu orang teman, sebut saja seperti bermain congkak. Namun selebihnya dijamin akan melibatkan banyak orang supaya seru, maka ajaklah anak untuk menikmati permainan tersebut bersama Anda. Ketika mereka memasuki lingkungan sekolah maka bisa mengajak teman sekelasnya melakukan permainan yang Anda ajarkan tadi.

Memperkenalkan beragam jenis permainan yang sering Anda lakukan semasa kecil kepada buah hati merupakan proses pembelajaran yang patut untuk dilakukan. Permainan ini jenisnya banyak dan dijamin jauh lebih seru ketimbang memperkenalkan buah hati dengan game di handphone. Sebab membuat mereka seolah jauh dari Anda meski tinggal di satu rumah lantaran waktu luangnya dihabiskan untuk memenangkan game tersebut. Anda tentu tidak menghendakinya bukan? Maka perkenalkan si kecil dengan berbagai permainan tradisional sembari mengajak mereka menikmatinya supaya lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *