Home » Koleksi Barang » Tips Memilih Skateboard Bagi Pemula

Tips Memilih Skateboard Bagi Pemula

Pada tahun 80 an skateboard masuk pertama kalinya ke Indonesia. Sejak itu permainan yang menggunakan papan beroda ini menjadi booming dan popular di kalangan anak muda. Permainan ini bisa dijadikan sebagai alat olahraga sekaligus hobi bagi kalangan muda. Dengan banyaknya arena – arena yang dibuat untuk olahraga ini semakin memanjakan para skateboarder pemula maupun professional. Namun untuk memulai olahraga ini para pemula masih belum tahu cara untuk mengetahui perbedaan atau jenis papan dan jenis deck yang cocok untuk dirinya. Berikut ini tips memilih skateboard bagi pemula.

 

  • Jenis Papan

 

Pada umumnya ada 3 jenis papan skateboard yang biasa dipakai oleh para skateboarder yaitu

  • Papan popsicle

Papan popsicle yang biasa digunakan di jalanan atau di arena khusus (skatepark). Dengan memiliki ukuran antara 7,5 – 8,5 inchi dan ujunngnya berbentuk bulat, papan popsicle ini sangat cocok untuk melakukan trik – trik seperti meloncat (Ollie) atau flip trick.

  • Papan Park atau Bowl

Papan ini sangat cocok digunakan untuk di arena yang lebih mengutamakan kenyamanan antara lebar papan dengan telapak kaki yang hampir sama  atau bahkan lebih besar dan cocok untuk permainan yang yang dilakukan di permukaan transisi seperti di arena bermain berbentuk mangkuk atau bowl arena, arena bermain berbentuk kolam renang atau pool arena, arena bermain berbentuk setengah pipa ukuran besar atau ramps arena, atau arena bermain berbentuk setengah pipa yang bagian pinggirnya mempunyai ukuran yang tinggi dan horizontal. Papan park atau bowl ini memiliki ukuran papan antara 8,25 – 9 inchi.

Baca Juga : Persiapan Untuk Menghadapi Balapan Motor Cross

  • Papan Longboard

Papan ini sangat cocok untuk menyusuri jalanan yang beraspal tanpa banyak trik – trik skateboard dan sering digunakan sebagai alat transportasi alternative.

 

  • Truck

 

Bagian ini berfungsi sebagai penyangga antara papan dan roda yang di dalamnya terdapat karet suspense berbentuk donat bernama bushing. Fungsinya adalah digunakan sebagai bantalan untuk membelok. Pemilihan truck harus cocok dengan papan yang kamu pilih jangan sampai truck terlalu pendek yang bisa mengakibatkan papan skateboard sangat sulit dikendalikan atau truck terlalu panjang yang mengakibatkan papan susah membelokannya. Tinggi rendahnya truck harus disesuaikan juga dengan rodanya.

 

  • Roda

 

Roda merupakan bagian yang terpenting untuk menjadi bahan pertimbangan saat membeli skateboard. Hal yang harus diperhatikan ketika memilih roda adalah ukuran dan tingkat kekerasannya. Semakin besar roda yang dipakai semakin kencang meluncurnya. Bagi pemula yang akan meluncur di jalanan pilihlah roda berukuran antara 49 – 54 mm, untuk digunakan di arena skatepark atau meluncur di permukaan yang landai pilihlah roda berukuran antara 65 – 70 mm. Untuk tingkat kekerasannya semakin empuk roda semakin kuat dan lengket di permukaan jalan.

 

  • Bearing

 

Fungsi dari bagian ini adalah sebagai poros putaran roda yang di dalamnya terdapat 6 – 9 bola kecil yang terbuat dari besi dan dilindungi oleh  lapisan besi. Skateboard menggunakan 8 buah bearing. Kualitas bearing ditentukan dengan istilah ABEC yang diikuti oleh angka mulai dari 1 sampai 12. Semakin tinggi angka semakin tinggi kualitas dan kecepatan bearing tersebut. Bagi pemula pilihlah bearing dengan kode ABEC 5 yang merupakan tingkat standar yang digunakan oleh para skater.

 

  • Griptape

 

Griptape merupakan lembaran kasar yang berbentuk seperti amplas berfungsi untuk mencegah kaki supaya tidak terpeleset sehingga daya cengkram kaki semakin kuat. Bagi pemula pilihlah griptape berwarna hitam karena akan lebih kuat dan awet.

Demikianlah tips – tips dalam memilih skateboard untuk pemula. Semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi yang akan menekuni permainan skateboard.  

 

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *