Home » hobi » Tips Memilih Sepatu Panjat Tebing yang Aman dan Nyaman Digunakan

Tips Memilih Sepatu Panjat Tebing yang Aman dan Nyaman Digunakan

Panjat tebing merupakan olahraga yang dilakukan bebas dan menjadi bagian dari mendaki gunung yang selain melakukannya dengan berjalan kaki. Pada umumnya dilakukan pada daerah yang berkontur batuan dan mempunyai tingkat kesulitan dengan berbagai dimensi kegiatan seperti olahraga untuk prestasi, petualangan, dan sebagai profesi seperti instruktur dan pemilik rock climbing buatan. Panjat dinding ini biasanya disediakan untuk pemula dan ada juga tingkatan untuk yang sudah profesional. 

Tips Memilih Sepatu Panjat Tebing yang Aman dan Nyaman Digunakan  

Berikut adalah fakta atlet panjat dinding yang dijuluki sebagai Spiderwoman diantaranya:

  • Sejak tahun 2017, Aries Susanti telah mengikuti perlombaan panjat dinding yang diselenggarakan IFSC sebanyak 5 kali yaitu Asian Continental 2017 di Teheran, IFSC Climbing World cup 2017 di Wujian, IFSC Climbing World cup 2017 di Xiamen, IFSC World cup 2018 di Moskow dan IFSC Climbing World cup 2018 di Chongqing.
  • Pada Asia Continental Championship 201 di Teheran, Aries mendapatkan medali perunggu dan pada final IFSC Climbing World cup 2017 di Xiamen berhasil menduduki posisi kedua dengan medali perak.
  • Di IFSC Climbing World cup 2018 di Chongqing, Aries memperoleh medali emas dengan waktu 7,51 detik dan nyaris mengalahkan rekor dunia 7,46 detik.
  • Prestasi yang telah dilalui Aries telah mengantarkannya menempati posisi ke-5 peringkat dunia IFSC.

Saat Aries memenangkan panjat tebing dan memperoleh medali emas merupakan sumbangan pertama untuk Indonesia di cabang olahraga tersebut. Aries meraih medali emas di nomor kecepatan perorangan putri dan mengalahkan sesama atlet Indonesia Pudji Lestari yang juga meraih medali perak. Ajang Asian Games 2018 merupakan ajang perdana Aiers karena merupakan cabang olahraga yang baru pertama kali hadir dalam ajang multi event Asian Games. Keberhasilannya dalam Asian Games menjadi pertama dalam ajang Asian Games. 

Berikut adalah tips memilih sepatu panjat dinding diantaranya:

  • Sepatu, memilih sesuai dengan tingkat kemahiran dalam memanjat, untuk pemula sebaiknya membeli sepatu dengan harga murah dengan tipe all purpose atau berbagai tipe pemanjatan. Untuk profesional biasanya memiliki lebih dari satu pasangan high performance sepatu panjat yang khusus untuk panjatan.
  • Jenis rute, berupa belahan dengan muka tebing terdiri dari tonjolan-tonjolan cadas atau dengan lobang dan kantong-kantong kecil untuk penempatan jari dan kaki.
  • Menggunakan teknik seperti smearing, edging dan heel hooking.
  • Perhatikan jenis sol karet, biasanya menggunakan sticky rubber atau karet lengket.

 Tips memilih sepatu panjat tebing lainnya adalah terdapat jenis pemanjatan seperti crack climbing dengan sepatu yang keras dengan perlindungan pergelangan dan mata kaki. Untuk sport climbing dengan sepatu yang buat edging dan pocket, lebih sensitif dan agresif sehingga pemanjat dapat merasakan tekstur tebing. Perhatikan juga konstruksi sepatu yang terdiri dari 2 yaitu board lasted dan slip lasted.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *