Home » Hewan Peliharaan » Tips Memilih Jenis Luwak Peliharaan yang Tepat

Tips Memilih Jenis Luwak Peliharaan yang Tepat

Banyak orang yang mengenal luwak adalah hewan pengerat yang bisa menghasilkan seduhan kopi yang sangat nikmat. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya masih banyak jenis luwak yang ada di dunia. Bahkan beberapa diantaranya bisa digunakan sebagai peliharaan yang menggemaskan. Maka tidak mengejutkan lagi jika ternyata banyak orang yang memelihara luwak. Hasil ini bisa dilihat dari banyaknya postingan di sosial media mengenai hewan yang lucu ini. Namun, tidak setiap jenis luwak bisa digunakan sebagai peliharaan. Berikut adalah beberapa jenis luwak peliharaan yang bisa digunakan bagi peliharaan untuk Anda di rumah.

Tips Memilih Jenis Luwak Peliharaan yang Tepat

  • Luwak Pandan

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan Kopi Luwak. Kopi yang dihasilkan dari fermentasi di dalam perut luwak ini sudah sangat terkenal dimana pun. Luwak yang bisa menghasilkan kopi tersebut bukanlah sembarang luwak, luwak yang bisa menghasilkan kopi yang sangat nikmat tersebut termasuk dalam jenis Luwak Pandan. Luwak ini dinamakan dengan Luwak Pandan karena mengeluarkan bau khas aroma daun pandan yang berasal dari kelenjar di bagian bawah ekornya. Selain karena kelebihannya tersebut, Luwak Pandan ini juga bisa dijadikan sebagai luwak peliharaan.

  • Luwak Akar

Jenis luwak berikutnya adalah Luwak Akar. Luwak ini bisa ditemukan di daerah sekitar pulau Kalimantan. Jawa, dan juga sekitarnya. Luwak ini termasuk banyak ditemukan di Indonesia. Ciri-cirinya adalah tubuhnya yang memiliki panjang sekitar 50-60 cm, dan beratnya yang bisa mencapai 1.5-3kg. Warna dari luwak ini adalah cokelat dan pada bagian kepalanya berwarna abu-abu, namun ada juga yang memiliki kepala dengan warna cokelat gelap.

  • Luwak Binturung

Daftar luwak peliharaan berikutnya adalah Luwak Binturung. Luwak yang rupanya sedikit mirip dengan kucing ini diperkirakan adalah jenis luwak yang paling besar. Dengan panjangnya yang bisa mencapai 70-95 cm membuat Luwak ini dikatakan sebagai bosnya Luwak. Beratnya bisa mencapai 20 kg, selain itu Luwak Binturung juga termasuk hewan yang dilindungi, maka tidak mengagetkan jika Anda juga bisa menemuinya di kebun binatang.

  • Luwak Bulan

Luwak jenis ini sangat menyukai buah-buahan seperti kopi dan juga pepaya. Luwak ini juga bisa digunakan sebagai penghasil kopi luwak sama seperti halnya Luwak Pandan. Tapi menurut beberapa referensi ada yang mengatakan bahwa kopi luwak dari luwak bulan ini lebih nikmat daripada luwak pandan.

Sebutan lain dari luwak ini adalah luwak galing dan luwak bertopeng. Hal ini dikarenakan kepalanya yang memiliki motif putih dan layaknya tipeng yang sedang dipakai. Dengan banyaknya keunikan dari Luwak bulan inilah banyak orang yang memutuskan untuk menjadikannya luwak peliharaan.

Dari banyaknya pilihan luwak diatas, adakah yang menarik perhatian Anda?

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *