Home » Hobi ekstrim » Tips Memilih dan Merawat Motor Cross dengan Benar dan Tepat

Tips Memilih dan Merawat Motor Cross dengan Benar dan Tepat

Motor cross merupakan motor yang digunakan untuk touring dan juga untuk offroad pada jalanan yang ekstrim. Motor ini biasanya digunakan untuk offroad yang pendek pada berbagai rintangan jalan yang dilalui. Motor ini memiliki bahan bakar kecil dan juga ringan. Untuk suspensi motor cukup panjang yang memungkinkan pengemudinya mampu melakukan lompatan dengan kecepatan yang tinggi. Motor ini memiliki satu silinder unit dua atau empat stroke. Banyaknya jenis dari motor offroad sendiri, cross merupakan jenis untuk offroad dengan medan yang cukup ekstrim. Oleh karena itu untuk memilihnya tidak boleh sembarangan dan juga untuk perawatannya.

Tips Memilih dan Merawat Motor Cross dengan Benar dan Tepat 

Ada begitu banyak merek dari motor ini yang dapat dipilih untuk offroad saat sedang ada kompetisi. Namun, sebagai pengguna tentunya harus mengetahui beberapa hal dalam memilih motor yang tepat. Berikut adalah tips memilih motor jenis ini diantaranya: 

  • Sesuaikan dengan keuangan, mendapatkan motor ini sesuai keinginan tentunya membutuhkan biaya lebih. Kawasaki KLX dan Suzuki TS memiliki kisaran harga dibawah 60 juta. Honda CRF, Yamaha WRF, KTM 200, KXF 250 memiliki kisaran harga diatas 60 juta.
  • Pastikan motor yang dipilih sesuai kebutuhan jika digunakan untuk touring saja sebaiknya memilih motor yang memiliki bobot yang sedikit berat, sedangkan jika untuk jalanan offroad sebaiknya menggunakan motor dengan bobot yang ringan untuk n tetap bermanuver dengan baik.
  • Sesuai dengan kemampuan berkendara, jika pengguna tidak terlalu tinggi maka sebaiknya menggunakan motor jangkung. Untuk pemula sebaiknya menggunakan motor yang tidak terlalu menyentak.

Beberapa tips memilih motor cross perlu diperhatikan oleh para pemula untuk mendapatkan motor sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan. Motor ini memang cenderung lebih mahal, namun motor ini jika digunakan pada jalanan aspal akan sangat menarik perhatian karena akan memberikan kesan sporty dan juga tangguh.

Supaya motor tetap awet dan selalu aman digunakan, pastikan melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Bersihkan kotoran motor ketika terkena lumpur yang menyebabkan karat motor.
  • Lakukan pengecekan pada onderdil motor.
  • Lakukan pengecekan pada bagian rantai motor, kampas rem dan juga kopling motor.
  • Lakukan pengecekan pada bagian kabel.
  • Tetap periksa air radiator dan juga oli.
  • Untuk lebih awet semprotkan cairan anti karat pada motor.
  • Lakukan pembersihan pada filter udara.
  • Lakukan pengecekan mur dan baut motor.

 Baca juga tips aman saat belajar motor cross. Simak selengkapnya di hobibanget.com

Beberapa cara merawat diatas perlu dilakukan setelah dan sebelum digunakan supaya motor tetap bersih dan aman saat digunakan. Menggunakan motor ini pada offroad akan mempengaruhi berbagai kinerja motor hal inilah yang membuat beberapa spare part pada motor haruslah selalu di cek. Motor cross yang baik tentunya dipilih dengan benar dan pastikan membekali diri dengan berbagai hal terkait motor ini.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *