Home » Hewan Peliharaan » Tips Memelihara Luwak Peliharaan yang Baik dan Benar

Tips Memelihara Luwak Peliharaan yang Baik dan Benar

Luwak atau yang lebih sering disebut dengan musang dulu lebih banyak dianggap masyarakat sebagai hama. Bahkan banyak yang membunuhnya dengan kejam. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan musang yang biasa masuk ke pekarangan warga dan mencuri banyak hasil alam yang sudah warga panen. Bahkan tidak jarang tanaman dari warga sendiri yang dirusak oleh musang. Oleh karena itulah musang dikonotasikan sebagai hal yang negatif dan merugikan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui jika pada dasarnya luwak bisa digunakan sebagai peliharaan dan dapat juga menghasilkan. Dengan mudahnya pemeliharan yang dilakukan terhadapnya, banyak orang yang saat ini juga memelihara hewan pengerat ini. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan meskipun pemeliharaannya tergolong mudah. Berikut adalah beberapa cara untuk memlihara luwak peliharaan yang baik dan benar.

Tips Memelihara Luwak Peliharaan yang Baik dan Benar

  • Mengetahui Luwak

Sebelum memutuskan untuk mememelihara luwak peliharaan, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk luwak terlebih dahulu. Mulai dari jenisnya hingga karakternya bagaimana. Luwak adalah binatang mamalia dari keluarga karnivora, namun hewan ini juga bisa dimasukkan pada golongan omnivora karena juga biasa memakan buah-buahan dan juga pepaya. Ada banyak sekali jenis luwak yang ada, namun beberapa diantaranya yang terkenal adalah luwak pandan, luwak akar, dan juga luwak bulan. Luwak adalah binatang yang aktif pada malam hari dan tidak suka dengan kesepian.

  • Menyediakan tempat yang nyaman

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai luwak, Anda haus menyiapkan tempat yang nyaman dan juga aman bagi kelangsungan hidup luwak itu sendiri. Pastikan kandang yang ada cukup luas dan juga suhu yang stabil agar tidak membuat luwak menjadi tidak nyaman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dengan rutin membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

  • Sering berinteraksi

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara luwak sebagai luwak peliharaan, maka Anda harus konsisten untuk selalu berinteraksi dengannya. Luwak adalah binatang yang tidak menyukai kesepian, maka ada baiknya Anda untuk selalu mengajaknya bermain setiap hari agar luwak yang Anda pelihara bisa jinak dan menyenangkan.

  • Jadwal Rutin

Setiap mahluk di dunia pasti memerlukan makan, mandi dan juga berbagai kepentingan lainnya, tidak terkecuali untuk luwak. Jika Anda sudah memelihara binatang ini, maka Anda harus rutin untuk selalu memenuhi kebutuhannya. Dari makanan yang tepat dan juga ada setiap hari, dan juga jadwal mandi agar tubuh dari luwak bisa selalu bersih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dari luwak yang Anda pelihara. Pastikan keadaannya selalu sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit.

Melakukan pemeliharaan terhadap luwak peliharaan memang gampang-gampang susah. Maka ada baiknya Anda untuk memikirkan segala hal sebelum memutuskan untuk segera memeliharanya.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *