Home » Hewan Peliharaan » Tips Memelihara Kura-kura dengan Mudah

Tips Memelihara Kura-kura dengan Mudah

Keinginan setiap orang untuk memiliki hewan peliharaan itu pastinya berbeda. Ada yang memilih hewan mamalia seperti anjing atau kucing, unggas seperti burung, hingga sejenis reptil seperti kura-kura. Pada dasarnya, kura-kura memang tergolong hewan reptil, namun banyak yang tertarik untuk memelihara kura-kura ini. Nah, jika Anda ingin pelihara kura-kura, simak beberapa tips berikut.

Tips Memelihara Kura-kura  dengan Mudah

Memahami Karakteristik Kura-kura

Kura-kura terbagi menjadi beberapa jenis, bahkan banyak sekali jenisnya. Dari mulai yang memiliki perbedaan tempat tinggal, perawatan hingga jenis makanan. Oleh karena itu, sebelum Anda memelihara kura-kura, Anda harus perhatikan dan tahu dulu bagaimana karakteristik kura-kura tersebut. Ini akan sangat berpengaruh pada proses pemeliharaan nantinya.

Pilih Kura-kura Berkualitas

Agar Anda tidak terlalu kerepotan, pilihlah yang berkualitas dan masih sehat. Jangan memilih kura-kura yang sudah sakit. Itu akan membuat Anda lebih sulit dalam mengurusnya. Untuk itu, perhatikan toko tempat Anda beli, apakah terpercaya atau tidak. Anda harus memastikan bahwa kura-kura yang Anda beli adalah sehat dan berkualitas.

Pelajari Aturan Pemeliharaan

Meskipun banyak yang memelihara kura-kura, namun tidak semua jenis kura-kura diperjualbelikan dan boleh dipelihara umum. Ada jenis-jenis tertentu yang tidak boleh dipelihara masyarakat karena tergolong jenis langka. Sebelum Anda memeliharanya, cari tahu, mana saja kura-kura yang boleh dipelihara agar tidak berurusan dengan masalah hukum nantinya.

Siapkan Kandang

Setiap makhluk hidup perlu rumah atau tempat tinggal, begitu pun kura-kura. Anda harus menyediakan kandangnya terlebih dahulu. Tempatkan di dalam wadah atau kandang yang cukup luas agar dapat bergerak bebas dan tidak terkekang. Atur juga ketinggian kandang agar ia tidak bisa memanjat keluar. Berikan hiasan atau aksesoris sehingga hewan peliharaan Anda tidak bosan, seperti batu, kayu, kerikil dan sebagainya. Jangan lupa berikan suhu kandang yang hangat dan pencahayaan cukup.

Makanan

Saat Anda menentukan untuk memelihara kura-kura, dengan begitu Anda pun harus menyiapkan makanannya agar tetap bertahan hidup. Kura-kura tergolong pemakan daging, maka dari itu berikanlah daging yang sudah dicincang atau dipotong kecil-kecil untuk memudahkannya makan. Bisa juga memberikan pelet atau cacing sutra. Hindari untuk memberikannya sayuran karena kurang baik untuk pencernaan si kura-kura.

Bersihkan Kandang

Agar kura-kura Anda tidak sakit dan terhindar kuman, rajinlah untuk membersihkan kandangnya. Anda bisa melakukannya selama satu kali dalam seminggu. Karena kura-kura termasuk hewan yang hidup di darat dan di air, sediakan tempat untuknya bermain air. Jangan lupa juga untuk terus mengganti air tersebut. Sebaiknya, gunakan air alami yang tidak mengandung klorin atau fluoride.

Hal lain yang perlu diperhatikan:

  • Berikan pencahayaan yang cukup namun hindari dari sinar matahari secara langsung
  • Hindarkan kandang dari benda-benda tajam atau serpihan kayu
  • Beri makanan teratur dan sesuai porsinya
  • Jangan terlalu sering memainkan kura-kura
  • Bawa dan periksakan ke dokter hewan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *