Home » Hewan Peliharaan » Tips Memelihara Kura-kura Brazil yang Tepat

Tips Memelihara Kura-kura Brazil yang Tepat

Ketika akan memilih hewan peliharaan ada banyak jenis yang bisa dipilih pada umumnya seperti kelinci, kucing, hamster, anjing, dan juga kura-kura. Dimana hal tersebut tergantung dari hewan favorit Anda dan juga cara perawatan yang masih bisa untuk dilakukan. Salah satu hewan yang bisa dipelihara tersebut adalah kura-kura yang mempunyai banyak jenis termasuk kura-kura Brazil. Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan karena mempunyai ukuran yang kecil dan juga khas. Cara memelihara kura-kura Brazil ini juga cukup mudah dilakukan sehingga membuatnya menjadi semakin populer. Adapun cara memelihara jenis kura-kura Brazil ini adalah:

 Tips Memelihara Kura-kura Brazil yang Tepat

  • Taruh di akurium

Cara pertama ketika sudah mengadopsi hewan kura-kura Brazil ini sebagai hewan peliharaan adalah dengan menyiapkan tempat tinggalnya. Untuk jenis kura-kura ini karena mempunyai bentuk yang kecil maka Anda bisa untuk menaruhnya di dalam akuarium atau juga kolam. Ketika membeli akuarium sendiri perlu untuk memperhatikan ukuran tubuhnya sehingga ia akan masih mempunyai banyak tempat gerak. Akan tetapi apabila ukurannya cukup besar maka membuatkannya kolam menjadi hal yang paling disarankan. Untuk temperatur dalam akuarium dan kolam juga perlu diatur yaitu 20 hingga 28 derajat celcius sehingga tidak membuatnya sakit paru-paru.

  • Menjaga kebersihan akuarium

Tips memelihara kura-kura selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Selain dengan mengatur suhu air, pastikan juga bahwa air tersebut tetap bersih. Oleh karena itulah pastikan untuk membersihkan air dalam kolam atau akuarium dengan rutin. Selanjutnya bisa untuk menjaga kebersihan tempat tinggal kura-kura ini dengan menggunakan filter untuk pembersihan kolam. Sehingga hal tersebut akan membuat air di dalam tempat tinggalnya tetap bersih dan tidak membuatnya terkena penyakit karena air yang kotor.

  • Pemberian makan yang tepat

Tips selanjutnya agar kura-kura brazil ini tetap sehat adalah dengan memilih makanan yang tepat. Dimana akan lebih baik untuk memberikan makanan kura-kura secara beragam setiap harinya. Seperti pelet, buah, sayur, ikan kecil, dan juga cacing tanah. Ketika memberi makan juga sebaiknya seperlunya agar tidak membuat kura-kura kegemukan. Dan tips lainnya adalah dengan memberikan suplemen pada kura-kura tersebut juga menjaga kesehatannya. 

  • Biarkan terkena sinar matahari

Dan memelihara kura-kura Brazil yang tepat terakhir adalah dengan membiarkannya tetap terkena sinar matahari. Pastikan untuk kura-kura tersebut terpapar sinar matahari secara langsung sehingga hindari akuarium atau kolam di tempat yang gelap. Atau Anda juga bisa untuk memanfaatkan lampu reflector apabila menaruh tempat kura-kura tersebut di dalam rumah. Hal tersebut akan membantu kura-kura untuk mencerna makanan lebih baik dan juga membuat badannya hangat karena terkena paparan sinar uv A dan uv B.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *