Home » Hewan Peliharaan » Tips Memelihara Burung Agar Kuat dan Bersuara Merdu

Tips Memelihara Burung Agar Kuat dan Bersuara Merdu

Sebagian orang, dibanding memelihara hewan mamalia, akan memilih untuk memelihara unggas seperti burung. Apalagi jika burungnya mempunyai suara yang merdu. Salah satu burung yang paling diincar adalah burung mirai karena terkenal kicauannya yang bagus. Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan dalam memeliharanya. Ada beberapa tata cara dalam memelihara burung yang akan diuraikan berikut ini.

Tips Memelihara Burung Agar Kuat dan Bersuara Merdu

Pengembunan Burung

Pengembunan di sini maksudnya adalah mengangin-anginkan burung di pagi sebelum burung akan dimandikan. Caranya, Anda hanya perlu meletakan burung di luar rumah. Tujuan pengembunan ini adalah agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Anda bisa melakukan hal tersebut selama 30 menit.

Memandikan Burung

Jika proses pengembunan telah selesai, waktunya untuk memandikan burung Anda. Cara memandikan burung pun berbeda dengan memandikan hewan lain. Anda hanya perlu menyemprotkan air ke badan burung yang ada dalam kurungan. Seperti hal lainnya, kebersihan akan membuat burung kebal dari penyakit.

Menjaga Kebersihan Sangkar

Manusia tidak suka dan cenderung terjangkiti penyakit tinggal di tempat yang kotor. Begitu pun dengan burung. Oleh karena itu, sebaiknya saat Anda memelihara burung, harus rutin dalam membersihkan sangkar burung. Buang kotorannya setiap hari dan ganti air minum burung setiap hari. Tempat makan dan minumnya pun harus selalu dibersihkan. Ini akan membantu dan menghindari burung Anda terjangkiti bakteri atau virus yang bisa memicunya jadi sakit.

Beri Makan Tepat Waktu

Makanan burung bervariasi, ada jangkrik atau makanan yang dijual di toko makanan hewan. Berilah makanan sesuai dengan takarannya dalam waktu yang tepat dan teratur agar burung Anda kuat dan tidak mudah sakit. Jika Anda memberi makan jangkrik, simpan jangkrik di tempat makannya, jangan berikan langsung. Hal ini agar memicu si burung untuk bergerak aktif.

Pemasteran Burung

Pemasteran ini dilakukan untuk membuat suara burung Anda gacor atau merdu. Sedangkan waktu terbaik untuk memasterkan burung Anda adalah sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore.  Hal itu dikarenakan pada waktu tersebut burung, khususnya murai, lebih mudah untuk menangkap suara master burung. Pemasteran ini bisa dilakukan dengan menggunakan burung master lain yang sudah gacor, atau lewat rekaman suara. Anda bisa melakukannya sekitar 10-15 menit.

Mengamati Karakter Burung dan Membuat Lingkungan yang Nyaman

Seperti manusia, burung pun punya karakter meski merupakan satu jenis burung yang sama. Karakter ini akan berpengaruh pada bagaimanan Anda memelihara burung tersebut. Seperti memberi makan sesuai porsinya.

Selain hal itu, Anda juga perlu memberikan lingkungan yang sesuai seperti habitat aslinya. Misalnya, Anda bisa meletakkan ranting-ranting di dalam sangkar agar burung bisa terbang dan hinggap di ranting tersebut. Anda juga bisa membawa burung Anda ke taman atau tempat dengan pepohonan agar menghindari stress pada burung.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *