Home » Koleksi Barang » Tips Membeli Sepeda Ontel

Tips Membeli Sepeda Ontel

Memang sih penggunanya adalah masyarakat di pedesaan, di daerah tertentu dan komunitas pecintanya. Untuk pengguna seperti masyarakat pedesaan dan masyarakat di daerah tertentu, mungkin yang penting sepeda ontel masih bisa dipakai. Pada umumnya tidak ada pertimbangan selain itu. Tapi untuk pengguna tertentu, seperti kalangan pecinta dan komunitas, ada hal yang lainnya yang jadi pertimbangan ketika akan membelinya. Termasuk anda juga yang mungkin tertarik untuk memilikinya. Intinya adalah harus tahu tips untuk membeli sepeda ontel tentunya.

Tips Membeli Sepeda Ontel

Meskipun pada umumnya masyarakat pedesaan dan masyarakat daerah tertentu hanya memperdulikan kelayakan sepedanya, tapi banyak harta terpendam didalamnya. Berbagai jenis ontel terdapat disitu. Meskipun memang ada juga penjual khusus sepeda ini  atau dari sesama pecinta pecinta sepeda ini. Nah, justru yang riskan membeli dari para penjual . Karena mereka orientasinya bisnis murni. Harus pintar – pintar mencari dan memilih. Tapi tentu saja harus tahu cara milihnya.

  • Pastikan merk

Merk adalah tolak ukur harga sepeda ontel yang utama selain kondisi tentunya. Merk – merk tertentu dengan edisi atau tahun produksi tertentu memang mempunyai harga yang lumayan. Nah, masalahnya banyak sekali merk yang  merupakan merk tempelan / tidak asli.

  • Pastikan frame

Setelah anda yakin dengan originalitas dari sepeda ontel tersebut, langkah selanjutnya adalah pastikan kondisi framenya. Ada 2 hal yang perlu anda cek untuk hal ini, yaitu :

  • Pastikan frame masih lurus

Ini dicek untuk menghindari frame yang sudah bengkok. Cara paling umum dilakukan adalah dengan melihat dari arah roda belakang ke arah bagian depan. Lurus atau tidak.

Baca Juga:Sepeda Ontel Merupakan Salah Satu Warisan Budaya

  • Pastikan kemulusan frame

Ini jelas harus dilakukan. Caranya ialah dengan meraba seluruh permukaan frame. Pastikan tidak ada yang kasar. Frame yang kasar atau tidak mulus menunjukan frame pernah mengalami patah atau dilas.

  • Pastikan kelengkapan komponen

Hati – hati dengan ini. Banyak penjual yang mengatakan kelengkapan seperti jok, rantai dan lain – lain  ada tapi tidak disimpan di lain tempat, kemungkinan minta waktu untuk dilengkapi menyusul sekalian dipasang. Dan biasanya minta uang di awal baik full maupun sebagian. Banyak kasus ujungnya sepeda ontel lama beres minimal atau bahkan tidak pernah dilengkapi dengan berbagai alasan.

  • Pastikan aksesoris ontel

Sepeda ontel memiliki aksesoris tertentu. Para penjual yang curang biasanya menempelkan yang palsu hanya untuk mendapatkan harga yang tinggi.

  • Cek catnya

Cat baru umumnya dilakukan untuk menyamarkan cacat pada sepeda. Lebih baik pilih yang belum di cat meskipun sudah buram atau banyak lecet pada cat.

  • Ajaklahlah orang yang ahli

Nah, ini akan sangat membantu anda memilihkan yang terbaik buat anda.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *