Home » hobi » Tips Latihan Dasar Bermain Biola Bagi Pemula

Tips Latihan Dasar Bermain Biola Bagi Pemula

Tentu saja, bisa menguasai salah satu instrumen musik merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi alat musik seperti biola. Layaknya para master yang juga harus belajar dari awal, Anda sebagai pemula pun juga harus belajar dari awal untuk bisa menguasai instrumen musik tersebut. Latihan merupakan salah satu kunci dan latihan dasar yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi seorang pemula untuk terus mengembangkan kemampuan bermainnya. Berikut ini contoh latihan-latihan dasar bermain alat musik cantik ini bagi para pemula.

Tips Latihan Dasar Bermain Biola Bagi Pemula

Menguasai posisi dasar

Posisi dasar merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kualitas permainan. Posisi dasar bertujuan untuk membuat pemain biola bisa bermain dengan cara yang lebih efektif dan juga nyaman. Biasanya beberapa pemainnya merupakan pemain kidal, tetapi meskipun banyak pemain yang kidal, ia tetap harus memegang busur di tangan kanannya dan alat musik di sebelah kirinya. Cara yang tepat memang alat musik ini yaitu memegangnya dengan tangan kiri, lalu penyangga dagu diapit menggunakan pundak dan tangan kiri. Anda bisa bermain sambil duduk atau berdiri, sesuai dengan kenyamanan saja.

Latihan menggesek senar secara berulang-ulang

Biasanya latihan awal untuk menggesek senar dilakukan dengan sederhana. Anda akan diajari untuk latihan menggesek senar A lebih dulu, senar tersebut merupakan senar kedua yang letaknya berada di senar E dan G. Waktu yang diperlukan untuk latihan pun tidak usah lama, 15 menit saja dan itu cukup. Tetapi bagi yang ingin menambah waktu latihan, ya tidak ada salahnya juga.

Selanjutnya, melakukan variasi durasi dalam satu gesekan penuh. Biasanya satu gesekan penuh disebut juga dengan bow. Lakukanlah latihan bow dalam 4 ketuk, 2 ketuk hingga setengah ketuk. Lakukan hal itu hanya pada senar itu saja dan pastikanlah hanya kena pada senar tersebut dan tidak mengenai senar lain. Apabila mulai merasa jenuh, Anda bisa memvariasikannya dengan senar lain.

Melakukan Latihan melenturkan pergelangan tangan

Bermain biola tidak hanya melulu tentang kemampuan musikalitas saja. Tetapi aspek-aspek lainnya seperti aspek fisik juga sangat mendukung permainan Anda menjadi lebih baik. Biasanya, dibutuhkan kelenturan dan kekuatan tangan ketika bermain instrumen musik yang satu ini. Bagi Anda yang masih pemula, mulailah untuk fokus lebih dulu dalam latihan melenturkan pergelangan tangan. Setelah nyaman, maka kelenturan ini akan sangat membantu kemampuan pergerakan tangan yang lain.

Melatih pendengaran (Hearing)

Hal yang penting dalam bermain musik adalah melatih pendengaran. Biasanya, seorang pemusik profesional memiliki kemampuan untuk mengenali sebuah nada dengan hanya sekali mendengar saja. Ia takkan kesulitan dalam menemukan kembali nada yang sudah ia dengar. Kemampuan semacam inilah yang memang bisa dikatakan tidak mudah bagi pemula. Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang pemusik profesional, mau tidak mau harus melakukan ini.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *