Home » Peluang Bisnis » Tips Dapatkan Harga Gitar Listrik Bekas Murah Berkualitas

Tips Dapatkan Harga Gitar Listrik Bekas Murah Berkualitas

 

Buat kamu yang ingin menjadi gitaris, tentu modal utama untuk mendukung hobimu adalah memiliki gitar yang bagus. Jika ingin ikut dalam sebuah band, misalnya, kamu butuh gitar elektrik yang berkualitas. Gitar listrik Gibson Les Paul, misalnya, bisa jadi pilihan kamu karena harganya yang cukup terjangkau untuk ukuran gitar elektrik, yaitu mulai dari Rp1,2 jutaan. Masih belum sesuai bujet? Berarti, kamu perlu cek harga gitar listrik bekas di berbagai tempat.

Sebetulnya, pada dasarnya membeli gitar listrik bekas dengan harga murah bukanlah sebuah kejahatan. Kamu mungkin memiliki bujet terbatas, sementara kamu ingin suatu hari nanti bisa tampil dalam sebuah band kampus atau bermain di studio bersama teman-teman untuk sekadar meluangkan hobi. Karena itulah, harga gitar listrik bekas yang murah bisa jadi solusi untukmu.

Namun, membeli gitar listrik bekas bisa jadi kesalahan karena kamu bisa saja mendapatkan produk yang tidak sesuai keinginanmu. Karena itu, kamu bisa dalami tips berikut ini agar mendapatkan gitar listrik bekas yang murah dengan kualitas terbaik.

 

Kenali Mereknya

Mengenal merek gitar elektrik sangat penting sebelum membeli gitar listrik bekas. Merek biasanya menunjukkan selera. Kalau sudah menemukan selera bermusik yang tepat, kamu bisa pilih merek yang memang menyediakan gitar terbaik untuk genre musik tersebut. Ditambah lagi, kalau kamu punya idola yang kamu jadikan panutan dalam bermain gitar, kamu bahkan bisa pilih merek yang sering dipakai oleh idola kamu itu. Gibson Les Paul, misalnya, yang identik dengan Slash.

Selain itu, dengan mengenali mereknya, kamu juga akan memahami spesifikasi produk dari merek tersebut. Kalau ada yang berbeda dengan spesifikasi resmi merek tersebut, kamu tentu tahu bahwa gitar tersebut barang palsu. Bisa saja gitar itu bukanlah gitar high end, tapi penjualnya meyakinkan bahwa itu adalah gitar terkenal. Kalau sudah begitu, kamu hanya perlu kembali melihat data resmi dari merek giatr tersebut.

 

Perhatikan Lama Pemakaian

Detail ini tak boleh dilewatkan dalam memberi gitar listrik bekas. Pastikan lama pemakaian gitar bekas tersebut kepada penjualnya. Pastikan juga apakah pernah ada spare part yang diganti atau tidak. Tanyakan pula bagaimana intensitas pemakaiannya. Semua itu perlu diketahui untuk memberikan gambaran kepada kamu mengenai kondisi gitar bekas tersebut. Kalau pemakaian sudah lama dengan intensitas pemakaian yang tinggi, tentu kamu bisa menawar agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari yang ditawarkan penjualnya.

 

Beli dari Teman

Yang paling aman jika membeli gitar listrik bekas tentu dengan membelinya di teman atau kenalan. Dengan begitu, kamu tahu bahwa gitar yang dijualnya bukanlah barang palsu, rakitan, dan semacamnya. Kualitas pun bisa kamu pastikan langsung dan tentu risiko mengalami penipuan juga semakin kecil. Dengan membeli dari teman, kamu juga akan lebih fleksibel dalam menawar harga.

 

COD Agar Bisa Cek Barangnya Langsung

Karena yang kamu beli adalah barang bekas, tentu kamu perlu mengeceknya sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Pembayaran dengan COD alias cash on delivery adalah pilihan terbaik untuk membeli gitar listrik bekas. Kamu bisa cek kesesuaian barang dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual sebelumnya. Jika menemukan ada kecacatan, kamu bisa membatalkan pembelian atau menawar harganya sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari sebelumnya.

 

Bersabar Sampai Menemukan yang Tepat

Harga gitar listrik bekas mungkin memang murah. Kamu bisa mendapatkan gitar listrik dengan harga mulai dari Rp1,8 jutaan untuk merek seperti SX Guitars yang harga barunya sekitar Rp3,8 jutaan. Tapi, untuk mendapatakan yang kualitasnya sesuai dengan keinginan kamu, tentu tak mudah. Karena itu, bersabarlah dan tunggu sampai menemukan yang benar-benar tepat. Agak mahal dari yang pernah ditawarkan sebelumnya tidak masalah, selama kualitasnya terjaga.

 

 

Kalau kamu ingin mencari gitar listrik baru dengan harga murah kualitas jempolan, kamu bisa pilih Fender Telecaster yang tersedia di pasaran dengan harga mulai dari Rp1,4 juta. Tapi, kalau kamu mau gitar legendaris merek high end dengan harga murah, kamu bisa cek harga gitar listrik bekas di berbagai katalog.

Sumber gambar: WNPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *