Home » hobi » Tips Cara Bermain Basket yang Benar

Tips Cara Bermain Basket yang Benar

Dalam bermain olahraga bola basket, tentunya ukuran lapangan bola basket menjadi sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu bagi para pemain maupun sekedar penonton. Setiap negara biasanya menentukan aturan sendiri mengenai hal ini. Di Indonesia sendiri telah menetapkan aturan standar ukuran lapangan yang berbeda dari standar ukuran internasional. Namun demikian, semua itu tidak banyak mempengaruhi strategi dan teknik bermain basket. Hampir setiap negara memiliki cara dan teknik bermain yang sama. Berikut penjelasannya.

Tips Cara Bermain Basket yang Benar

Ada Bola dan Ring

Bola dan ring merupakan kebutuhan utama dalam permainan bola basket. Ukuran bola basket sudah ditentukan, sehingga tidak bisa sembarangan dan tentunya harus menyesuaikan dengan ring. Bola yang digunakan ini biasanya berbahan karet atau kulit sintetis yang nyaman digunakan. Sementara ketinggian ring dipastikan cukup menantang bagi para pemain, yakni sekitar 94 kaki. Umumnya, ring memiliki ukuran 10 meter dengan 18 inci sebagai diameternya. Sementara papan pendukung pada bagian atas terbuat dari plexiglass agar bola dapat memantul ke lapangan kembali.

Mencetak Angka

Hampir sama dengan permainan sepak bola maupun tenis. Tujuan bermain basket adalah untuk menciptakan angka sebanyak-banyaknya. Bedanya, jika dalam permainan sepak bola atau tenis, poin selalu dihitung sebagai satu poin, sedangkan dalam basket pemain dapat mencetak 3 poin dalam sekali shoot on ring. Hal ini tentunya berdasarkan peraturan pengklasifikasian tembakan dengan poin-poin tertentu. Misalnya jika seorang pemain melakukan tembakan dengan teknik lay up ia akan menorehkan 2 poin atau jika menembakkan bola dari tengah lapangan, dan bola tersebut memasuki ke dalam jaring ring, maka poin yang dihasilkan adalah 3 poin. Perbedaan poin ini tentu sesuai dengan tingkat kesulitan yang dihadapi.

Teknik Mendribel dan Mengoper Bola

Dalam permainan bola basket, keahlian yang perlu dimiliki adalah bagaimana menguasai bola dengan tangan. Baik dengan menggiring, mendribel ataupun mengoper bola. Seseorang tidak boleh hanya sekedar memegang bola dan membawanya lari ke ring lawan, melainkan harus senantiasa memantul- mantulkannya ke lantai. Sementara jika ingin mengoper kepada teman tim, Anda bisa memantulkannya ke lapangan atau dengan operan udara. Yang perlu diwaspadai adalah setelah bola diangkat setinggi dada, maka bola tersebut harus segera dioper, Anda tidak bisa mendribelnya lagi.

Teknik Lay Up

Saat bermain basket terdapat banyak teknik yang dilakukan, baik teknik passing, dribbling maupun shooting. Salah satu yang paling popular adalah lay up. Lay up ini merupakan sebuah teknik shooting dengan memposisikan tubuh agak jauh dari ring dan salah satu kaki agak ke depan. Bola dipegang dengan kedua tangan. Ketika sudah mendekati ring, tolakan dilakukan dimana puncak lompatan adalah di waktu yang sama dengan bola ditempatkan ke ring hingga tangan menyentuh ring. Skor untuk teknik ini adalah 2 poin.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *