Home » Peluang Bisnis » TIPS BISNIS UNTUK PEMULA

TIPS BISNIS UNTUK PEMULA

Seseorang yang ingin terjun di dunia bisnis, pasti akan meraba-raba jenis bisnis apa yang bagus dilakukan untuknya. Jangan sampai baru beberapa saat bergerak, tiba-tiba gulung tikar karena kehabisan modal dan untung tidak juga didapatkan. Karena itu, beberapa orang memiliki tips bisnis untuk pemula yang dinilai sangat jitu untuk diikuti.

Tips bisnis untuk pemula ini bersifat sangat umum dan dapat diterapkan untuk siapapun yang ingin mencobanya. Yang perlu dilakukan hanya mengikuti semua anjuran yang diberikan, kalau tidak ingin terjebak pada ego besar diri sendiri.

  • Cari yang mengeluarkan modal sedikit

Di mana-mana yang namanya bisnis pasti membutuhkan modal. Besar atau kecil ukurannya tetap dinamanya modal, meski hanya sekadar mengisi pulsa atau membayar angkutan umum saja. Mulai dari sini, seorang pemula dalam bisnis jangan terburu-buru mengikuti egonya.

Pilihlah bisnis dengan modal sedikit dalam arti modal yang wajar untuk sebuah bisnis dengan penghasilan yang lambat-laun meroket. Kalau Anda tidak memiliki uang, Anda bisa menabungnya terlebih dahulu. Lalu gunakan modal tersebut untuk bisnis yang tepat.

  • Minim resiko bangkrut

Untuk mengetahui bisnis apa yang tepat, Anda harus sudah terlebih dahulu mencari tahu mengenai beberapa jenis bisnis. Siapa partner Anda nanti? Bagaimana sepak terjang dalam dunia bisnis? Apa saja yang sudah dilakukannya? Bagaimana orang lain memandang bisnis yang sudah partner kerja Anda lakukan?

Baca Juga:Tips Usaha Kecil Agar Sukses

Semua itu penting agar ke depannya Anda mampu meminimalkan resiko kebangkrutan. Sebab semua yang terkait dengan bisnis Anda menilai kalau bisnis Anda layak untuk dijalani semua orang, artinya Anda juga bisa melakukannya.

Jangan ambil bisnis yang tidak memiliki ketidak-jelasan system atau memiliki system tapi tidak masuk di akal cara perputaran uangnya. Karena kalau Anda mengambil bisnis seperti ini, Anda hanya tinggal menunggu waktu mengalami kebangkrutan atau ditipu habis-habisan oleh system yang sudah berjalan.

  • Kalau berbisnis produk, cari produk yang bermanfaat

Jenis bisnis ada tiga macam; bisnis dengan produk, jasa, dan menanam saham. Kalau Anda memilih untuk mengambil jenis bisnis dengan adanya produk, Anda harus memilih bisnis yang menjual produk yang bermanfaat untuk orang banyak. Manfaat di sini, bukan hanya sekadar tulisan “bermanfaat” di atas kertas, tapi kenyatannya malah tidak mempunyai efek apapun setelah memakai atau meminumnya.

Produk yang bermanfaat adalah produk yang sudah diuji-cobakan di lab melalui 6 tahap sehingga benar-benar teruji ketika dipakai atau diminum orang lain. Selain itu, produk bermanfaat itu harus sudah terdaftar dalam BPOM, memiliki sertifikat halal, dan menjadi rekomendasi organisasi kedokteran. Bukan sekadar testimoni yang bisa sangat mudah dibuat siapapun.
3 tips binis untuk pemula di atas, bisa Anda terapkan saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *