Home » Peluang Bisnis » TIPS BISNIS UNTUK PEMULA

TIPS BISNIS UNTUK PEMULA

Kejenuhan yang terjadi dalam rutinitas yang itu-itu saja, terutama untuk para pekerja, mendorong mereka untuk milirik dunia bisnis. Tapi tidak jarang pula dari mereka yang kebingungan dalam memilih bisnis apa yang cocok untuk mereka kerjakan. Tentu ini membuat mereka mencari tips bisnis untuk pemula agar garis start yang mereka lakukan tidak salah langkah, karena memiliki patokan apa yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis.

  • Sediakan modal

Apapun usaha yang akan Anda jalani, Anda harus memiliki modal. Usaha tanpa modal tidak akan mungkin berjalan, meski modal itu hanya sebatas pulsa dan transport. Adapun besar nominal dari sebuah modal itu relatif. Ada yang puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, puluhan juta, atau pun lebih dari itu. semua tergantung harga produk atau jasa yang akan dijalankan.

Kalau pun Anda tidak memiliki modal, Anda bisa melakukan banyak cara untuk mendapatkan modal. Ada yang memilih untuk meminjam uang. Ada juga yang mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk mendapatkan modal. Cara yang kedua cenderung dilakukan seseorang agar tidak mengawali usaha dengan cara berhutang.

  • Cari produk yang dibutuhkan semua orang

Walau ada beberapa produk yang bukan menjadi kebutuhan hidup semua orang dan terbukti berhasil dilakukan banyak pebisnis sebelumnya, bukan berarti Anda mengabaikan kebutuhan hidup semua orang yang sifatnya dibutuhkan terus-menerus. Kenapa? Karena kebutuhan hidup yang terus-menerus dibutuhkan akan membuka peluang “repeat order” dari customer ke diri Anda sebagai penjual.

Contoh dari bisnis ini adalah produk-produk kesehatan yang tentunya sangat berpengaruh terhadap tubuh manusia. Tidak mungkin seseorang akan bertahan dalam kesehatan bugar kalau tidak diimbangi dengan makanan dan pola hidup sehat, serta asupan supplement yang baik. Dari sinilah, Anda harus jeli dalam memilih produk yang akan Anda jadikan bisnis. Jangan ambil produk yang cara kerjanya hanya sebatas sel, kalau memang ada produk yang cara kerjanya sampai tingkat genetika tubuh manusia.

Baca Juga:Tips Awal Untuk Memulai Suatu Bisnis

Kenapa bisa bergitu? Karena kalau Anda masih mengambil yang sebatas sel, kemampuan produk yang Anda jual sudah tertinggal di belakang dengan produk yang jauh lebih unggul darinya.

  • Banyak belajar marketing

Setelah memiliki modal dan mengetahui produk yang akan Anda jadikan bisnis, lalu akhirnya Anda memantabkan menjalankan bisnis. Isi pengetahuan Anda dengan ilmu-ilmu marketing yang sekarang menjamur dari banyak coach yang terampil. Mulai dengan mengikuti seminar offline maupun online sampai pada buku-buku marketing yang dikeluarkannya. Anda pelajari semuanya, resapi sedalam-dalamnya, dan memahami bagaimana nantinya Anda bisa aplikasikan.

  • Action

Tips bisnis untuk pemula yang terakhir inilah yang harus Anda lakukan. Action. Karena ketiga hal di atas tidak akan berguna apapun tanpa adanya action dari diri Anda. Buat apa Anda memiliki bisnis dan pengetahuan marketing mumpuni kalau Anda tidak bergerak untuk menjalankan bisnis Anda secara nyata? Hasilnya tentu saja nihil. Tidak ada sama sekali. Hanya buang-buang waktu saja. Tapi kalau Anda action, Anda akan menemukan perjuangan yang sesungguhnya dari sebuah bisnis yang Anda kerjakan.

Semoga 4 tips bisnis untuk pemula di atas, memudahkan Anda dalam menentukan keputusan apakah Anda ingin berbisnis atau tidak. Setidaknya Anda mengetahui pakem-pakem yang harus Anda jalani dalam berbisnis apapun  juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *