Home » Peluang Bisnis » Tips Bisnis Menggunakan Media Jejaring Instagram

Tips Bisnis Menggunakan Media Jejaring Instagram

Saat ini banyak pembsnis yang menjual barang dagangannya menggunakan instagram. Hasilnya, ternyata banyak yang berhasil meraup keuntungan yang jumlahnya besar. Menggunakan media instagram memiliki aturan yang berbeda dengan jenis media sosial lainnya. Berikut ini adalah tips bisnis menjalankan bisnis online menggunakan instagram yang harus Anda ketahui dan jalankan.

  • Gunakan Smartphone Android yang Memiliki Kamera Oke

Mengapa harus menggunakan handphone smartphone dan fitur kamera yang mumpuni? Hal tersebut karena karakter instagram itu sendiri, yaitu fokus ke foto atau gambar dibandingkan teks. Jadi agar hasil foto barang yang dijual kualitasnya jernih, jelas dan tajam sebaiknya gunakan handphone dengan fitur kamera yang memiliki resolusi yang besar. Sehingga foto yang Anda bagikan lebih menarik.

Selain itu, penggunaan smartphone Android karena lebih memudahkan Anda memilih fitur dan akses jaringan internetnya lebih cepat. Menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi kamera lebih memudahkan proses upload dibandingkan menggunakan kamera digital.

Jika menggunakan kamera digital, Anda harus memindahkan gambar atau foto terlebih dahulu ke handphone, baru kemudian bisa mengupload atau membagikan gambar. Sedangkan penggunaan smartphone lebih praktis karena foto bisa langsung diunggah di akun instagram milik Anda.

  • Pentingnya Penggunaan Hastag (#) ┬ádan Deskripsi Barang yang Dijual

Tips bisnis di instagram berikutnya adalah pada saat mengunggah foto, jangan lupa memberikan hastag (#). Ada dua cara membuat hastag, yang Pertama adalah memberikan hastag pada foto dan yang Kedua adalah memberikan hastag pada kolom komentar.

Baca Juga:Tips Memilih Jenis Usaha Sampingan yang Sesuai Kondisi

Cara yang banyak digunakan adalah cara yang pertama, karena lebih efektif. Pertama-tama Anda harus mengupload foto, lalu sebelum dibagikan (dishare) tambahkan hastag pada form caption.

Hastag pada instagram ternyata tidak hanya sekedar kode saja, namun memiliki fungsi yaitu membantu memudahkan pengguna instagram melakukan pencarian barang yang dicari. Oleh sebab itu memilih kata-kata untuk hastag tidak boleh asal-asalan. Pilih kata-kata yang sesuai atau yang berhubungan dengan barang yang Anda jual. Misalnya: cara membuat hastag untuk jenis baju bayi, bisa gunakan hastag seperti: #baju bayi, #bajubayimurah, #bajubayiterbaru, #bajubayitrandy dan lain sebagainya.

  • Isi Data Profil Jelas dan Lengkap

Di akun instagram terdapat kolom data profil yang harus Anda isi dengan lengkap dan jelas. Informasi yang harus Anda isi adalah sebagai berikut:

  • Nama brand/ merk milik Anda
  • No telepon
  • Bio yaitu deskripsi produk yang Anda jual. Di kolom ini anda bisa gunakan hastag (#) yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.
  • Website diisi alamat web/ blog jika Anda punya.
  • Foto profil bisa menggunakan logo atau foto produk andalan yang Anda jual.

Demikian tiga poin penting tips bisnis menggunakan media instagram sebagai media promosi. Semoga bermanfaat!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *