Home » Peluang Bisnis » Tips Bisnis Franchise Bagi Pemula

Tips Bisnis Franchise Bagi Pemula

Franchise adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (franchisee) tetapi bermerk dan diawasi oleh perusahaan (franchisor) yang lebih besar baik perusahaan nasional maupun multinasional. Semakin banyak orang tertarik untuk memiliki bisnis franchise, dari kalangan pebisnis besar sampai anak muda dengan modal finansial yang mencukupi. Karena para franchisee dapat memulai bisnisnya sendiri dengan merk dagang yang sudah kuat dan terpercaya seolah Anda sudah menjalani dan memahami tips bisnis tersebut selama bertahun-tahun. Berikut adalah tips bisnis franchise bagi pemula.

Pilihlah bisnis franchise yang tepat bagi Anda. Anda harus mempertimbangkan modal yang Anda miliki, jadwal kerja, dan bidang bisnis apa yang Anda sukai. Karena memulai bisnis franchise seperti memulai bisnis lainnya, memerlukan dedikasi waktu, tenaga dan finansial.

Buat franchisor terkesan dengan Anda. Franchisor selalu menerima banyak permohonan dari calon franchisee tetapi hanya sebagian yang terpilih. Karena itu memang bisnis franchise adalah bisnis yang sangat kompetitif. Para franchisor mencari orang-orang yang memiliki mimpi dan mampu mendukung perusahaan, memiliki motivasi tinggi dan keyakinan akan sukses. Hal penting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan agar dapat terpilih adalah dengan mempelajari perusahaan yang Anda inginkan dengan seksama, tepat waktu dan mempersiapkan semaksimal mungkin untuk pertemuan antara Anda dengan franchisor. Dengan begitu Anda akan memperlihatkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan bisnis ini dan dapat diandalkan.

Bernegosiasi dengan franchisor. Hambatan lainnya untuk menjadi franchisee adalah proses drafting kontrak dan berinteraksi dengan franchisor. Adalah bijak untuk berkonsultasi dengan pengacara untuk pembahasan kontrak. Memang untuk franchisee hanya sedikit kemungkinan untuk merubah kontrak, tetapi sangat penting untuk memahami apa-apa saja yang akan Anda dapatkan. Anda juga dapat meminta pengacara untuk memeriksa Dokumen Pembukaan Franchisor, mirip seperti dokumen pembukaan dariperusahaan kepada calon investor. Dokumen pembukaan ini memberikan informasi yang penting bagi para franchisee termasuk sejarah perusahaan franchise tersebut, penjelasan keuangan, regulasi penggunaan merk dagang, tips bisnis franchise tersebut bekerja, dan ketentuan-ketentuan jika terjadi konflik legal dan atau finansial. Karena franchisor akan mengatur keputusan-keputusan para franchisee secara kontinu, para franchisee harus memiliki informasi sebanyak-banyaknya agar meminimalisir kemungkinan adanya masalah di kemudian hari.

Baca Juga : 10 Tips Usaha bagi Pengusaha Pemula

Membiayai franchise. Seperti bisnis lainnya, franchisee harus membayar biaya awal untuk memulai bisnis franchise. Beberapa calon franchisee sudah memiliki kemapanan finansial untuk modal awal, tapi beberapa lainnya mungkin membutuhkan biaya tambahan dari sumber lain. Franchise biasanya tidak menerima investor untuk pembiayaan tetapi masih ada pilihan lain untuk mendapatkan pendanaan  dari luar. Anda dapat memulai dari pinjaman keluarga atau kerabat. Pinjaman pribadi ke bank atau kartu kredit juga dapat menjadi piihan. Beberapa franchise menyediakan piutang, tetapi hal ini mempertaruhkan aset milik calon franchise bilamana bisnis tidak berjalan sesuai harapan.

Menjalankan bisnis franchise memang menjadi salah satu cara terbaik untuk seseorang memiliki usaha bisnis. Maka jika Anda belum cukup berpengalaman dalam menjalani bisnis, mungkin franchise dapat menjadi pilihan Anda. Semoga tips bisnis franchise ini dapat membantu Anda untuk memulai bisnis franchise.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *