Home » Tanaman » Tips Berkebun di Halaman Rumah

Tips Berkebun di Halaman Rumah

Berkebun merupakan aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika bisa dilakukan di sekitar rumah. Mengelola kebun yang ada di halaman rumah tentunya tak dibutuhkan halaman yang luas, karena yang terpenting adalah ruang yang tersisa di sekitar rumah dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan dalam mengelola kebun yang ada di halaman rumah.

  • Manfaatkan Ruang

Sekecil apapun ruang yang ada disekitar rumah, manfaatkan sebaik mungkin untuk ditanami sesuatu. Tak harus halaman bagian depan, akan tetapi manfaatkan pula halaman samping dan halaman belakang untuk membuat kebun dan ditanami sesuatu.

  • Gunakan Pot

Tak ada tanah yang bisa digunakan untuk dikelola? Tak perlu khawatir, karena mengelola kebun di sekitar rumah tak harus menggunakan tanah yang luas, tapi juga bisa menggunakan pot. Gunakan pot-pot untuk menanam tanaman, bisa menggunakan pot berukuran besar, atau bisa juga menggunakan pot berukuran kecil yang bisa digantung pada langit-langit teras. Apabila ingin sesuatu yang unik, pot-pot ini juga bisa dibuat dari bahan-bahan bekas atau barang-barang daur ulang seperti ember, botol, atau sepatu boot yang dicantik dan dihias sedemikian rupa. Selain membuat aktivitas menanam semakin menyenangkan, juga membuat rumah jadi semakin asri dan indah dengan adanya pot-pot yang unik.

  • Memilih Tanaman

Tanaman yang ditanam di halaman juga harus diperhatikan, selain ukuran pohon atau tanaman disesuaikan dengan luas tanah, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Misalnya pemilik rumah menyukai sesuatu yang indah, bisa memilih tanaman bunga-bunga untuk menghiasi halaman. Jika pemilik rumah suka memasak, tak ada salahnya juga untuk menanam sayur-sayuran seperti tomat, cabai, sawi, dan lain sebagainya. Sedangkan bagi yang gemar obat-obat alami, bisa juga menanam beragam tanaman herbal seperti jahe, kunyit, laos, yang sebenarnya bisa juga digunakan untuk kebutuhan dapur.

  • Perawatan

Meskipun ditanam di halaman rumah, tapi tanaman tetap harus dirawat sebaik mungkin, selain disiram dengan teratur, tanaman juga harus diberi pupuk. Pelajari bagaimana cara perawatan tanaman di internet agar tanaman bisa tumbuh subur, bahkan bisa menghasilkan. Tak hanya disiram dan dipupuk, namun harus dihindarkan juga dari hewan-hewan pengganggu seperti siput serta ulat yang dapat merusak tanaman.

  • Ajak Keluarga

Berkebun bersama keluarga tentunya menjadi sesuatu yang menyenangkan, selain bisa mengajarkan anak atau keluarga untuk mencintai tanaman, juga mengajarkan anak serta keluarga manfaat dari berbagai tanaman yang ditanam.

Mengelola kebun bisa jadi hal yang menyenangkan apabila memang didasari dengan rasa bahagia. Berkebun di sekitar rumah memang memiliki banyak manfaat, selain bisa memberikan hasil dari tanaman yang ditanam, aktivitas ini juga bisa memberikan ketenangan serta menghindarkan diri dari stress.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *