Home » Hobi ekstrim » Tips Aman Ngetrail dengan Motor Cross yang Bisa Anda Terapkan

Tips Aman Ngetrail dengan Motor Cross yang Bisa Anda Terapkan

Kaum adam pada dasarnya memang memiliki ketertarikan untuk melakukan jenis olahraga yang penuh dengan tantangan atau ekstrim jika dibandingkan dengan olahraga yang biasa-biasa saja, bukan tanpa alasan karena memang olahraga menantang ini akan lebih memacu adrenalin mereka, membuatnya jadi semakin tertantang dan membentuk naluri untuk menjadi lebih jantan. Salah satu diantaranya adalah dengan naik motor cross atau yang dikenal sebagai olahraga ngetrail.

Tips Aman Ngetrail dengan Motor Cross yang Bisa Anda Terapkan  

Tentunya tidak asing dengan jenis olahraga yang satu ini bukan, sama halnya dengan olahraga bersepeda, hanya saja ngetrail ini tidak dilakukan di jalanan biasa atau onroad, melainkan kepada offroad, hal ini ditujukan untuk membuat mereka lebih tertantang karena jalanan yang dilalui tidak semudah jalan biasa. Namun justru inilah tantangan yang diberikan oleh olahraga tersebut. Sejalan dengan itu maka resiko menaiki motor cross ini sudah pasti ada, banyak diantaranya yang terjatuh, mengalami cidera ringan, bahkan sampai parah, sudah jadi hal yang lumrah terjadi. 

Sehingga bagi Anda yang masih pemula dan tertarik untuk mencoba jenis olahraga yang satu ini, maka berikut ada beberapa tips keamanan untuk Anda, yaitu:

  1. Pastikan menggunakan sarana pengaman yang memadai, sebelum memutuskan untuk berkendara, maka ada baiknya membekali diri dengan menggunakan beberapa sarana pengamanan seperti diantaranya adalah helm, kemudian jaket khusus, dilengkapi dengan adanya pelindung bagian siku, maka sudah cukup untuk meminimalkan resiko cidera ketika mengendarai di area offroad tersebut.
  2. Pahami medan yang akan dilalui, ada baiknya sebelum berkendara Anda mengenali medan yang akan digunakan tersebut. Berbeda dengan jalanan onroad yang memang medannya pasti lancar dan juga tanpa halauan, maka offroad ini agak berbeda, karena medan yang harus Anda lalui nantinya akan jauh lebih beresiko, sehingga jika tidak paham bisa menyebabkan resiko kecelakaan.
  3. Selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum memulai untuk ngetrail, ada baiknya bagi Anda untuk memastikan kendaraan pada kondisi yang fit atau baik-baik saja, cek tekanan angin ban tersebut, kemudian juga pastikan bahwa rem berfungsi dengan baik dan segala sesuatu yang ada pada kendaraan tersebut, karena akan sangat mempengaruhi performanya ketika akan digunakan.
  4. Jangan berkendara di saat kondisi tubuh tidak terlalu bagus, hal lainnya yang juga tak kalah penting menjadi perhatian Anda adalah kondisi tubuh, dimana mereka yang sedang sakit tidak dianjurkan mencoba olahraga ekstrim seperti ini, karena bisa memicu berbagai macam masalah yang lebih serius.

Simak juga beberapa perlengkapan yang harus kamu ketahui sebelum melakukan olah raga ekstrim ini. Baca selengkapnya di hobibanget.com

Setidaknya itulah beberapa tips keamanan bagi Anda yang ingin mencoba olahraga dengan motor cross ini, agar tetap aman dan pastinya juga terhindar dari berbagai macam resiko berbahaya. Kegiatan ekstrim yang banyak disukai oleh anak muda karena penuh tantangan.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *