Home » Hobi ekstrim » Tips Aman Bermain Arum Jeram dan Manfaatnya

Tips Aman Bermain Arum Jeram dan Manfaatnya

Arum jeram merupakan kegiatan ekstrim yang dilakukan pada sungai dengan arus yang besar dan cukup berbatu dengan menggunakan perahu karet dan pesertanya menggunakan pelampung, helm dan juga tongkat untuk mengarahkan perahu. Kegiatan ini cukup ekstrim dan menyeramkan karena arus sungai yang besar akan membuat perahu karet bergerak dan pesertanya harus mampu mengendalikannya supaya tidak terbaik dan akhirnya basah. Disarankan untuk peserta yang bisa berenang karena kedalaman air pada sungai tergantung lokasi sungai. Oleh sebab itu perlu berhati-hati untuk tetap menjaga keamanan semua orang yang berada dalam satu perahu karet.

 Tips Aman Bermain Arum Jeram dan Manfaatnya

Untuk itu sebagai pemula yang tertarik untuk melakukan kegiatan ini maka perlu memperhatikan beberapa hal untuk tetap menjaga keamanan. Berikut adalah tips amannya diantaranya:

  • Tentukan destinasi sungai, untuk pemula pilih sungai dengan grade rendah dan medium. Untuk grade 1 dan 2 terletak di Sungai Elo Magelang. Untuk grade 2 dan 3 terletak di Sungai Progo Atas dan Sungai Serayu.
  • Saat di perahu sebaiknya menggunakan dry bag sehingga aman untuk menyimpan beberapa barang peserta. Pastikan menggunakan casing kamera yang tahan air dan hindari membawa barang-barang yang tidak perlu dibawa.
  • Pastikan memperhatikan cuaca terutama saat hujan, karena saat hujan ada sungai bisa mencapai grade besar dan sangat tidak aman untuk pemula. Ada baiknya juga mengenal karakteristik sungai.
  • Pastikan mencari informasi sungai dari sumber terpercaya, medan sungai dan bagaimana kondisi sungai ketika musim kemarau maupun musim hujan.
  • Persiapkan segala perlengkapan lengkap sebelum melakukan kegiatan ini seperti rompi pelampung yang pas dengan badan, helm penutup kepala.

Selain beberapa hal diatas, selalu patuhi peraturan atau instruktur dari pemandu supaya selama kegiatan ini berlangsung semua berjalan dengan baik. Hindari untuk memiliki rasa takut berlebih karena kondisi sungai dan juga hindari rasa percaya diri seolah berpengalaman di bidang ini. Saat melakukan arum jeram adrenalin akan terus dipacu dan cairan dalam tubuh semakin berkurang maka pastikan meminum air secukupnya sebelumnya. 

Berikut adalah manfaat dari kegiatan ini:

  • Melatih kekuatan otot tubuh supaya tetap menjaga tubuh seimbang.
  • Membakar kalori tubuh karena harus mengayuh perahu dengan kekuatan lengan.
  • Membuat jantung bekerja lebih cepat sehingga akan memperkuat otot jantung.
  • Membuat kesehatan lebih stabil karena terhindar dari polutan

Beberapa manfaat diatas tentunya bagian untuk kesehatan fisik dan juga mental. Oleh karena itu kegiatan ini dapat dilakukan asalkan tetap memperhatikan beberapa hal diatas untuk memastikan keamanan pemula. Arum jeram lebih menantang dan menguji nyali, kegiatan ini cukup banyak ditakuti. Namun, jika dijalani maka akan sangat menyenangkan terutama jika melakukannya bersama dengan teman sejawat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *