Home » Hobi ekstrim » Tips Aman Bagi Anda Pecinta Olahraga Wall Climbing

Tips Aman Bagi Anda Pecinta Olahraga Wall Climbing

Wall climbing merupakan salah satu jenis olahraga yang populer di kalangan pecinta olahraga ekstrim, selain dikenal bagus untuk menjaga ketahanan tubuh, maka olahraga yang satu ini ternyata juga berfungsi untuk mengobati stress. Hanya saja dibandingkan dengan olahraga yang lainnya, ia masuk sebagai salah satu kategori yang cukup ekstrim, sehingga hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli saja. butuh latihan hingga berbulan-bulan untuk mencobanya di medan panjat yang sesungguhnya.

Bagi yang gemar dengan olahraga ekstrim maka patut untuk mencobanya, belakangan ini ada semakin banyak tempat olahraga panjat tebing ini yang bisa memberikan pelatihan. Selain kesiapan fisik, maka kesiapan mental juga menjadi bagian yang penting untuk dimiliki, karena nantinya pemanjat tebing harus mampu berdiri bergelantungan di sebuah tebing hanya bermodalkan seutas tali, resiko cideranya sendiri juga sangat tinggi. Bahkan tak jarang diantaranya yang harus meninggal karena menghadapi medan yang sulit, sehingga jatuh.

Bagi Anda yang ingin mencoba wall climbing ini, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips keselamatan berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mencobanya, pemanasan adalah bagian yang sangat penting sebelum melakukan olahraga, karena dengan pemanasan nantinya otot-otot menjadi lebih lentur, resiko seperti halnya keram akan bisa diminimalisir.
  2. Pastikan semua sarana pengaman sudah dipasang, hal yang paling penting sebelum melakukan olahraga ini adalah perlengkapan untuk menunjang keamanan Anda, mengingat tak bisa dipungkiri bahwa kondisinya memungkinkan Anda untuk berdiri bergantung pada sebuah tali saja, jika ada sesuatu yang terjadi maka hanya tali inilah yang menentukan keselamatan. Jadi pastikan bahwa semuanya terpasang secara aman.
  3. Kaki dan juga tangan harus selalu bergerak, salah satu bagian yang akan mempermudah melakukan olahraga adalah cengkeraman tangan dan juga kaki harus selalu digerakkan, sehingga nantinya mengkoordinir bagian tubuh lain untuk terus naik ke atas hingga puncaknya.
  4. Konsentrasi, jangan sampai pikiran Anda kosong, karena jika sampai konsentrasi terganggu, maka kemungkinan untuk jatuh juga jadi semakin tinggi. Fokus untuk sampai ke puncak dengan selamat.
  5. Panjat tebing dilakukan dari bawah ke atas, bukan sebaliknya, sehingga fokus hanya mencari pegangan batu yang kuat untuk terus melaju ke bagian atas.
  6. Pastikan Anda menggunakan pakaian yang sesuai, pakaian untuk panjat tebing hendaknya adalah busana yang fleksibel, sehingga memungkinkan untuk bergerak lebih mudah dan cepat.

Olahraga yang satu ini memang memiliki banyak resiko keselamatan, namun jika dilakukan dengan tepat, pastinya akan membuat Anda tetap aman dalam melakukannya. Wall climbing sendiri bisa dipelajari sedini mungkin sebelum mencoba langsung pada medan yang sesungguhnya.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *