Home » Hewan Peliharaan » Ternyata, Merawat Kucing Tidak Sesulit Seperti yang Dibayangkan

Ternyata, Merawat Kucing Tidak Sesulit Seperti yang Dibayangkan

Kucing merupakan hewan mamalia yang menggemaskan. Tingkahnya yang lucu dan rupanya yang bagus, membuat orang gemar untuk merawat kucing dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Namun, Anda tidak bisa sembarangan dalam merawatnya. Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan Anda perhatikan. Apa sajakah itu?

Ternyata, Merawat Kucing Tidak Sesulit Seperti yang Dibayangkan

Makanan

Anda harus perhatikan makanan apa yang cocok untuk kucing Anda. Jika Anda memberi snack atau makanan kucing kemasan, perhatikan labelnya. Misalnya, saat kucing Anda masih kecil, berikan makanan yang memang untuk kucing kecil dengan label kitten. Jika Anda memberinya daging, meskipun adalah hewan, tetap masak terlebih dahulu daging tersebut.

Tempat Makan dan Minum

Saat memberi makan kucing Anda, Anda harus siapkan tempat makan dan minumnya. Berikan wadah yang berbeda antara untuk makan dan minum, meskipun hewan, tapi gunakanlah tempat yang bersih. Atau jika ingin lebih efisien, gunakan tempat makan yang memiliki banyak lubang berbeda. Sediakan selalu makanan dan minumnya di waktu-waktu menjelang makan kucing Anda.

Bak Pasir

Kegunaan bak pasir ini adalah untuk menyimpan pasir yang bisa membantu dan memudahkan kucing Anda saat ingin buang air besar atau pun buang air kecil. Agar kucing tidak sembarangan saat buang air, simpanlah bak pasir sebagai toiletnya. Gunakan pasir yang memang untuk kucing, bukan untuk bangunan. Di mana hal tersebut memberi manfaat tersendiri. Saat kucing Anda buang air besar misalnya, kotoran hewan peliharaan Anda akan langsung mengering dan tidak menimbulkan bau. Itu pun lebih memudahkan Anda untuk membuang kotoran tersebut.

Shampo

Seperti manusia, saat merawat kucing, Anda perlu menyediakan shampo untuknya mandi dan dipakaikan di badannya agar bersih dan bebas kutu. Biasanya, shampo ini hanya digunakan seminggu sekali, dan Anda pun harus berhati-hati saat memandikannya.

Perlengkapan lain

Selain beberapa hal sebelumnya, Anda juga perlu menyediakan baby oil dan kapas untuk membersihkan telinga hewan peliharaan Anda. Atau Anda bisa gunakan cottonbat. Jika Anda memelihara kucing di rumah, tentu kebersihannya harus terjaga. Jangan lupa juga untuk menyediakan vitamin bagi kucing Anda. Hal ini diperlukan untuk mencegah sakit si kucing dan menghindari kerontokan bulu kucing.

Selain itu Anda juga harus lakukan hal-hal berikut saat merawat kucing, antara lain:

  • Berikan makanan yang sesuai, jika ingin memberi makanan rumahan, biasakan sejak dini
  • Bersihkan selalu tempat tidur dan bak pasir hewan peliharaan Anda
  • Jangan terlalu sering memandikan kucing. Jika memandikannya, gunakan air dingin atau hangat untuk menghindari kerusakan bulu atau iritasi.
  • Sikat bulu kucing secara rutin untuk menghilangkan rambut mati
  • Ajak keluar untuk bermain agar lincah
  • Ajarkan kebiasaan yang baik, seperti makan di tempatnya atau buang kotoran pada tempatnya
  • Lakukan vaksinasi untuk mencegah virus, dan rajinlah membersihkan anggota tubuh kucing seperti telinga, kuku, atau giginya.
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *