Home » hobi » Teknik Menggambar Sketsa yang Memudahkan Pemula

Teknik Menggambar Sketsa yang Memudahkan Pemula

Bagi para pelaku seni khususnya seni lukis, menggambar adalah salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari. Namun berbeda halnya jika Anda masih pemula, maka harus mengetahui dan memahami cara membuat gambar yang baik. Langkah pertama yang harus dilakukan seorang pelukis amatir maupun professional adalah membuat sketsa. Pembuatan sketsa sendiri dapat menggunakan pensil sebagai alatnya.

Teknik Menggambar Sketsa yang Memudahkan Pemula

Menggambar sketsa baik berupa benda maupun wajah seseorang diperlukan teknik dasar yang harus dikuasai. Anda akan semakin bersemangat jika kegiatan ini merupakan hobi sehingga akan menghasilkan gambar yang maksimal. Berikut ini beberapa teknik yang harus diketahui para pemula.

Kendalikan Pensil

Cara Anda dalam memegang pensil akan mempengaruhi hasil gambar Anda, sehingga pastikan untuk mengendalikan pensil sesuai dengan gambar yang ingin dihasilkan.

Berikan Efek Tekstur

Jika Anda menggunakan pensil warna dalam pewarnaan sketsa yang telah jadi, maka usahakan untuk tetap memberikan tekstur pada beberapa bagian. Hal ini akan membuat gambar Anda lebih bervariatif, natural dan tidak membosankan.

Hindari Noda Pensil atau Coretan

Usahakan gambar Anda tetap dalam keadaan bersih tanpa noda, salah satu caranya yakni dengan penggunaan alas kertas saat membuat bayangan gambar.

Gunakan Teknik Mudah dalam Sketsa Awan

Pembuatan gambar awan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, salah satu teknik termudah bagi para pemula adalah membuat arsiran disertai tekanan sedang. Teknik ini bertujuan agar mudah diratakan dan efek warna yang sesuai. Kemudian hapuslah beberapa bagian untuk menimbulkan efek gelap terang.

Pembuatan Rambut Keriting dengan Garis Bantu

Bagi para pemula, gunakan garis bantu berupa 2 garis lurus dengan ujung mengerucut dan garis lengkungan saat akan menggambar rambut keriting manusia

Adanya Garis Variasi

Teknik menggambar selanjutnya yakni Anda harus memberikan garis-garis variasi pada sketsa agar menghasilkan efek tertentu. Arah dari garis variasi Anda juga menentukan gambar apa yang terbentuk.

Jika Membuat Bentuk Siluet, Gunakan Karakter yang Mudah

Saat ini berkembang gambar siluet yang semakin marak. Jika gambaran siluet Anda ingin mudah dikenali orang, maka Anda harus membuat objek umum atau karakter yang mudah dikenali.

Tambahan Garis Tidak Biasa pada Sketsa

Bagi para pemula sebaiknya menggunakan garis tidak biasa pada sketsa. Namun saat Anda menggambar dengan teknik ini harus melakukan eksperimen selama berkali-kali hingga menemukan tingkat artistic yang bagus dan berkualitas.

Membalik Gambar

Dalam menentukan kualitas hasil gambaran, Anda bisa memastikannya dengan membalik gambar. Ketika gambar dibalik, maka komposisi gambar tersebut akan terlihat jelas dan detail sehingga mudah mencari kekurangannya.

Pembuatan Sketsa Harus Seimbang

Saat menggambar sketsa, pastikan untuk membuatnya dengan seimbang dari berbagai aspek, misalnya komposisi warna dan proposisi kanan-kiri serta atas-bawah, cukup mudah bukan?

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *