Home » Hobi ekstrim » Tehnik Dasar Pukulan dalam Olahraga Boxing

Tehnik Dasar Pukulan dalam Olahraga Boxing

Salah satu olahraga yang dapat digunakan sebagai seni beladiri adalah olahraga tinju atau boxing. Olahraga ini sangat identik dengan pertandingan 2 orang di dalam ring dengan badan yang besar berotot. Namun tak semua tinju hanya bisa dilakukan untuk pertandingan saja, tinju juga bisa digunakan sebagai seni beladiri khususnya untuk melakukan pertahanan dan perlawanan jarak dekat. Tinju memiliki dasar tehnik yang bisa digunakan untuk menyerang dan bertahan. Bentuk penyerangan pastinya menggunakan pukulan karena dalam tinju tidak mengenal adanya tendangan atau penggunaan kaki untuk menyerang.

Bagi Anda yang ingin belajar tinju untuk digunakan sebagai seni beladiri, ada beberapa tehnik dasar yang harus Anda ketahui agar bisa menjadi gambaran bagaimana nantinya proses belajar bermain tinju. Berikut ini adalah keempat tehnik pukulan tinju yang akan sering Anda gunakan

  • Jab.

Merupakan pukulan lurus ke depan yang dilakukan dengan meluruskan tangan sehingga bisa menjangkau lawan yang jaraknya satu lengan. Pinggul pemain juga perlu diputar 90 derajat agar posisinya tegak lurus dengan lengan ketika melancarkan serangan jab ini ke badan lawan.

  • Straight.

Pukulan lurus ke depan yang sering dilakukan setelah menggunakan jab. Jab dan straight juga sering dikombinasikan untuk menghasilkan serangan yang efektif. Kombinasi ini dinamakan one two combo dalam seni boxing.

  • Hook.

Merupakan pukulan yang disasarkan di bagian atas lawan misalnya di dagu. Dapat dilakukan dengan 2 tangan secara bergantian dan cepat. Untuk menjangkau bagian atas, pemain melakukan pukulan dengan arah setengah lingkaran sebelum mendaratkan pukulan ke dagu lawan.

  • Uppercut.

Merupakan pukulan yang dilakukan dari bagian bawah ke bagian atas atau dalam lawan. Biasanya yang menjadi sasaran adalah dagu bagian bawah atau perut dan ketiak lawan ketika mengangkat tangannya. Uppercut yang cepat dan kuat bisa menjadi senjata yang mematikan sehingga sering digunakan sebagai pukulan pamungkas.

Keempat tehnik pukulan di atas tentu saja memerlukan latihan khusus dan rutin untuk bisa digunakan dengan benar dan efektif. Di sasana tinju akan ada media khusus untuk melatih tehnik pukulan agar memiliki tenaga dan kecepatan sesuai dengan yang diinginkan. Namun sebelum berlatih tehnik pukulan, ada baiknya pemain pemula melatih pernafasan dan daya tahan tubuh terlebih dahulu dengan melakukan olahraga dasar seperti berlari.

Untuk melatih tehnik pukulan yang sudah Anda kuasai, dalam boxing akan ada pertandingan yang dilakukan oleh pemain dan pelatih. Pertandingan latihan tersebut digunakan untuk melatih kombinasi-kombinasi pukulan yang bisa dilakukan sesuai dengan situasi yang terjadi. Dalam tinju sendiri akan ada 12 ronde dimana setiap ronde berdurasi 3 menit dengan 1 menit waktu istirahat. Untuk itu, melakukan latihan pertandingan juga bisa digunakan untuk melatih stamina pemain.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *