Home » Koleksi Barang » Tata Cara Memperlakukan Action Figure Agar Awet

Tata Cara Memperlakukan Action Figure Agar Awet

Bagi sebagian orang ternyata memiliki ketertarikan yang tinggi untuk mengoleksi mainan bernama action figure. Mainan satu ini memang unik, umumnya terbuat dari material karet khusus yang dibentuk menyerupai karakter manga atau tokoh kartun populer di layar kaca. Berawal dari alur cerita yang banyak disukai orang maka karakter di dalamnya dibuat tiruan dan menjadi incaran para kolektor. Beberapa tidak diproduksi di Indonesia sehingga termasuk barang import yang dijamin harganya tidak murah karena bisa menyesuaikan dengan kurs mata uang asing.

Merawat Mainan Satu Ini Agar Selalu Awet

Jika sudah suka maka mahal pun dirasa tidaklah terlalu menjadi masalah, mereka rela merogoh kantong dalam-dalam. Namun setelah memilikinya pastikan dirawat dengan baik agar awet dan selalu nampak baru, adapun tata cara merawatnya adalah:

  • Diletakan secara terpisah sesuai material,

Umumnya mainan replika satu ini memakai bahan karet namun tidak jarang ada yang terbuat dari besi, ataupun kain. Ketika memiliki koleksi dengan material beragam maka pisahkan dan kelompokkan sesuai material penyusunnya. Tujuannya untuk mempermudah pada saat dibersihkan sebab beda bahan dijamin beda teknik atau bahan pembersihnya.

  • Memilih sabun pembersih dengan benar,

Demi menjamin mainan action figure kesayangan bersih maksimal maka idealnya dicuci rutin memakai sabun. Namun jangan asal mengambil sabun mandi Anda, sebab perlu memilih jenis sabun berdasarkan material mainan replika ini. Khusus untuk mainan yang terbuat dari bahan karet dan juga kain maka aman dibersihkan memakai detergen untuk mencuci baju Anda. Namun untuk material besi dan juga plastik lebih aman memakai sabun pencuci piring karena menghindarkan resiko karat.

  • Keringkan dulu baru disimpan kembali,

Usai dicuci ada baiknya dilap dengan handuk bersih atau kain dengan permukaan lembut lainnya untuk mengeringkannya dengan sempurna. Namun jangan buru-buru dimasukkan ke dalam ruang penyimpanan khusus yang sudah Anda siapkan. Terlebih dahulu diamkan sebentar, supaya air yang masih bersisa di badan mainan replika ini mengering dengan sempurna. Jika sengaja tidak terburu untuk ditunggu sampai kering kemudian langsung disimpan bisa mengundang jamur. Akibatnya tentu saja replika ini satu per satu akan mulai mengalami kerusakan, bentuknya bisa berubah

  • Letakkan dengan rapi di lemari kaca transparan,

Idealnya semua mainan replika ini disimpan di dalam lemari kaca transparan supaya siapa saja bisa melihat koleksi Anda. Pastikan lemari ditutup rapat untuk meminimalkan debu yang bisa masuk, lemari penyimpanan pun perlu rutin dibersihkan. Usahakan untuk ditata serapi mungkin di dalam lemari kacanya supaya terlihat bersih dan juga sedap dipandang. Jika berantakan sudah tentu terlihat sekali keteledoran Anda dalam memperlakukan berbagai replika tokoh ini. hindari kebiasaan ditaruh sembarangan supaya action figure mudah dirawat dan enak dipandang

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *