Home Tanaman Tanaman Rumah Pengusir Nyamauk

Tanaman Rumah Pengusir Nyamauk

by Caswitin
tanaman hias pengusir nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu hewan dalam jenis serangga yang mampu mengigit manusia dengan membawa macam jenis penyakit. Masunia yang terkena gigitan nyam,uk dapt menyebabkan gatal, demam, dan lebih parah lagi yaitu kematian. Nyamuk salah satu hewan serangga pengganggu manusia, untuk itu perlu mengusir nyamuk dengan cara menyemprotkan obat atau menggunkan obat nyamuk bakar. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena ada bahan alami berupa tanaman hias di sekitar rumah yang bisa mengusir nyamuk.

Tanaman hias pengusir nyamuk dapat memberikan dampak alamiah untuk mengusir nyamuk. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias untuk memperindah tempat tinggal anda. Tanaman hias pengusir nyamuk juga dapat mengusir nyamuk dengan aroma-aroma yang tidak disukai nyamuk. Terkadang anda lebih suka menggunakan cara instan berupa obat-obatan pengusir nyamuk beraneka bentuk yang mengandung banyak zat kimia karena dianggap lebih cepat dan efektif disbanding tanaman hias pengusir nyamuk. Kebanyakan orang lebih memilih cara instan dibandingkan tekun memanfaatkan berbagai tanaman hias untuk membasmi nyamuk. Namun, apabila dicermati dengan seksama menggunakan tanaman hias pengusir nyamuk yang ada di luar maupun dalam rumah itu sudah cukup tanpa membuang waktu dan tenaga anda.

Coba perhatikan beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang mungkin sudah ada di sekitar rumah anda, yaitu:

1. Daun Serai

Daun serai dikenal sebagai penyedap rasa berbagai jenis makanan dan minuman. Tetapi daun serai ternyata juga salah satu jenis tanaman hias pengusir nyamuk secara alami. Aroma yang dihasilkan daun serai tidak disukai nyamuk, sehingga daun serai sering dijadikan bahan utama pembuat losion antinyamuk. Daun serai biasanya ditanam di luar rumah dan mampu tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Sehingga, tanaman ini sangat mudah ditemui dan dipelihara di pekarangan atau pun halaman rumah anda.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Daun Bidara: Obat Alami yang Ada Dalam Kitab Suci!

2. Bunga Lavender

Bunga lavender memang telah lama dikenal manfaatnya sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh di seluruh dunia. Aroma yang dihasilkan bunga lavender sangat harum yang dibenci oleh nyamuk, namun disukai manusia. Terdapat zat linalool dan lynalyl asetat dalam bunga lavender yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan obat anti nyamuk. Anda bisa menanam bunga lavender di dalam pot ataupun langsung di tanah langsung yang bisa anda letakkan di dalam maupun di luar rumah. Tak hanya itu, bunga laverder juga dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk dan tikus.

3. Geranium

Geranium dimanfaatkan sebagi tanaman hias pengusir nyamuk sebetulnya memiliki banyak varian yang berfungsi sama sebagai pengusir nyamuk secara alami. Di Indonesia, geranium dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan zat geraniol dan sitronelol memiliki aroma yang khas sehingga aromanya tak disukai nyamuk. Geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna yang sangat cantik yang mampu memperindah rumah anda. Geranium bisa jadikan tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa kalian tanam di pot baik di dalam maupun di luar rumah. Terkadang ada beberapa orang yang memanfaatkan aromanya sebagai obat stres dan obat relaksasi alami agar pikiran menjadi tenang dan nyaman.

4. Lemon Balm

Kandungan sitronelal di dalam lemon balm memiliki zat utama yang sangat efektif mengusir nyamuk. Seperti halnya daun serai juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Apabila anda ingin menanam lemon balm jangan terlalu dekat dengan rumah anda karena tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cepat.

5. Catnip

Tanaman hias pengusir nyamuk selanjutnya yaitu catnip atau nepeta catari. Catnip merupakan salah satu jenis tanaman anti nyamuk outdoor yang sangat unik karena aromanya sangat disukai oleh tapi sangat dibenci, bahkan ditakuti oleh nyamuk. Biasanya catnip diolah menjadi minyak esensial (nepetalactone) dengan khasiat yang lebih ampuh daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide) sebagai pengusir nyamuk. Catnip dapat tumbuh tinggi sehingga dapat menghalangi pemandangan. Untuk itu perhatikan saat menanam tumbuhan tersebut di luar rumah.

Baca Juga:  Beragam Manfaat Hobi Berkebun yang Penting untuk Diketahui

6. Bunga Rosemary

Tidak berbeda dengan tanaman hias pengusir nyamuk alami lainnya, bunga rosemary juga menghasilkan aroma kuat yang sangat dibenci nyamuk. Bunga rosemary yang memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap sinar matahari sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah maupun dijadikan tanaman hias di luar rumah.

7. Mosquito Plant

Mosquito plant mempunyai manfaat untuk menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO2 (karbondioksida). Salah satu jenis mosquito plant yang paling terkenal adalah southernwood yang berasal dari Australia karena memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengusir nyamuk.

8. Bawang Putih

Tanaman hias pengusir nyamuk selanjutnya yaitu bawang putih. Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat nyamuk bisa masuk rumah lewat sirkulasi udara, misalnya jendela dan pintu rumah.
Itulah beberapa jenis tanaman hias pengusir nyamuk. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat. Temia kasih.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More