Home » Hobi Menyehatkan » Supaya Bermain Futsal Tidak Kehabisan Nafas Lakukan 4 Teknik Mudah di Bawah Ini

Supaya Bermain Futsal Tidak Kehabisan Nafas Lakukan 4 Teknik Mudah di Bawah Ini

Suka bermain olahraga futsal bersama teman-teman? Apabila suka tentu akan sering memanfaatkan waktu luang mengajak teman dekat memainkannya. Sebagai olahraga berbasis permainan tentu seru bisa menjadikan badan sehat namun tetap terasa menyenangkan seperti kembali ke masa anak-anak. Olahraga bola di dalam ruangan ini pun bukanlah jenis olahraga mahal, kalau belum punya sepatu dan jerseynya bisa diakali dengan memakai produk biasa dulu. Khusus untuk sewa lapangan tentu patungan sebab olahraga ini dilakukan bersama banyak teman, maka dijamin murah meriah.

Teknik Mengatur Nafas Sebelum Bermain

Ada banyak manfaat bisa diserap tatkala rutin menikmati olahraga bola indoor satu ini, dan salah satunya melatih pernafasan agar kuat. Namun, pemain pemula kadang sering kehabisan nafas dan berbuntut kehabisan tenaga padahal baru beberapa menit bermain. Supaya pernafasan terlatih dan mendukung simak beberapa tekniknya di bawah ini:

  • Nikmati olahraga lari,

Kardio menjadi pilihan bagi penikmat olahraga bola jenis ini supaya tidak mudah kehabisan nafas. Olahraga kardio sangat banyak dan efeknya pemain bola bisa lebih mudah mengatur nafas sehingga tidak tersengal saat mengejar bola. Salah satunya adalah berlari, pelan-pelan saja dan perlahan interval ditingkatkan.

  • Mencoba berlatih dengan olahraga renang,

Salah satu olahraga yang juga baik untuk mendampingi olahraga futsal adalah berenang, mengapa? Sebab dengan berenang maka pemain akan terlatih untuk menghemat penggunaan oksigen, terlatih mengambil nafas dengan cepat dan benar, dan lain sebagainya. Melatih kemampuan berenang akan membantu penikmat olahraga bola dalam ruangan ini supaya tidak kehabisan nafas selama bermain. Tentunya dengan dua kegiatan olahraga sekaligus perlu pengelolaan waktu yang cermat.

  • Lompat tali bisa dijadikan pilihan,

Kalau berenang dianggap kurang cocok karena butuh waktu dan tempat latihan khusus maka olahraga lain yang juga baik melatih pernafasan adalah lompat tali. Banyak pemain olahraga bola dalam ruangan ini memilih lompat tali sebagai pilihan untuk menguatkan sistem pernafasan. Sehingga ketika bermain tidak kesulitan mengatur nafas sekaligus menghemat energi, dan bisa dilakukan di rumah dengan modal minim. Kalau kesulitan menemukan tali di toko alat olahraga maupun mainan anak, bisa menggantinya dengan rangkaian karet gelang.

  • Biasakan tidak makan menjelang bermain,

Membantu menjaga nafas teratur selama menikmati permainan olahraga satu ini maka baiknya hindari makan sebelum bermain. Minimal 3 jam sebelumnya sudah mengisi perut, sebab sama seperti sepakbola jika dipaksa makan berat dulu. Dijamin permainan kurang optimal bisa menimbulkan sesak nafas dan kehabisan tenaga. Dianjurkan makan jauh sebelumnya, kalau memang terdesak keadaan ganjal perut dengan buah-buahan supaya tidak terlalu sesak. Kalau sudah tahu teknik melatih pernafasan maka dijamin olahraga futsal semakin menyenangkan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *